bdadinfo.com

Kota Jember Pamitan! Ingin Berkembang Pesat di Jawa Timur, Gak Betah di Tempat Asalnya Bakal Bentuk 5 Kabupaten Baru, Resmi Diajukan ke Kemendagri - News

Baru! Pemekaran wilayah Jatim (Freepik)

HARINHALUAN.COM - Secara geografis terletak di antara 11100 Bujur Timur – 11404' Bujur Timur dan 70 12'Lintang Selatan. 

8048”Lintang Selatan dengan luas wilayah sebesar 47.963 km persegi yang meliputi dua bagian utama yakni Jawa Timur daratan dan Kepulauan Madura.

Jawa Timur ialah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia yang didirikan pada tanggal 4 Maret 1950 berdasarkan dasar hukum UU No. 2 Tahun 1950. 

Baca Juga: Pemerintah Kota Bukittinggi Kembali Salurkan Bantuan Sosial PKH Murni Tahap 3 Triwulan II

Ibukota Provinsi Jawa Timur yang merupakan Kota Surabaya adalah Kota Terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta. Lintang Selatan.

Jawa Timur yang dikenal sebagai pusat Kawasan Timur Indonesia dan memiliki signifikansi perekonomian yang cukup tinggi. 

Berkontribusi mencapai 14,85 persen terhadap Produk Domestik Bruto nasional yang memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa.

Baca Juga: Menguak Ancaman Maut di Balik Mega Proyek PLTU Suralaya Banten

Jumlah penduduk sebanyak 39.107.095 jiwa dengan banyaknya Jumlah Penduduk di Jawa Timur ini menjadikan Provinsi Jawa Timur. 

Provinsi Jawa Timur sebagai Provinsi yang memiliki Jumlah Penduduk Terbanyak kedua di Indonesia setelah Provinsi Jawa Barat.

Terdapat jumlah penduduk miskin di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2018 mencapai 4.332.590 jiwa.  

Baca Juga: Bukti JTTS Layak Dipercepat Pembangunannya! Jalan Tol di Riau Ini Jadi Ruas dengan Jumlah Kendaraan Paling Banyak Melintas: Tol Terpeka Kalah?

Namun terjadinya penurunan jumlah penduduk miskin sebesar 284.420 jiwa dibandingkan pada tahun 2017. 

Jika dilihat dari data lima tahun terakhir, rata-rata jumlah penduduk miskin di Provinsi Jawa Timur mengalami penurunan tiap tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat