bdadinfo.com

Skuad Kabau Sirah Mengganas! Akan Datangkan Jagoan Top Skor Salah Satu Liga Kasta Tertinggi di Asia untuk Perkuat Tim Semen Padang FC - News

Tim kebanggaan masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), Semen Padang FC (SPFC) mulai menata satu persatu pemain yang akan memperkuat skuatnya untuk Liga 1 musim ini.

- Semen Padang Football Club (atau biasa disebut sebagai Semen Padang, atau hanya disingkat SPFC) adalah klub sepak bola profesional Indonesia yang berbasis di Kota Padang, Sumatera Barat.

Klub ini didirikan pada tahun 1980 dan bermarkas di Stadion Haji Agus Salim. Klub saat ini berkompetisi di Liga 1 yang merupakan kasta tertinggi sepak bola di Indonesia.

Persatuan Sepak Bola (PS) Semen Padang didirikan pada tanggal 30 November 1980. Dari awal berdirinya, SP didukung dan dikendalikan oleh PT Semen Padang, sebuah perusahaan berstatus Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang industri semen.

Baca Juga: Sulawesi Utara Semakin Mulus! Jalan Daerah Sepanjang 165 km di 15 Kabupaten/Kota di Sultra Disulap Jokowi dalam Sekejap Seperti Landasan Bandar Udara

Latar belakang korporatnya membuat SP berbeda dengan PSP, yang dikendalikan langsung oleh Pemerintah Kota Padang dan bermain di Perserikatan.

Pada musim pertamanya, SP bermain di Divisi I Galatama yang merupakan tingkat kedua dari struktur liga tersebut.

Hanya butuh dua musim bagi klub ini untuk promosi ke Divisi Utama. Pada musim perdananya di tingkat tertinggi, SP hanya dapat sampai pada putaran grup di Wilayah Barat.

Semen Padang lebih banyak menghabiskan petualangan mereka di Galatama pada papan tengah; berturut-turut, SP duduk di peringkat enam pada musim 1984, 1985, dan 1986-87.

Baca Juga: Bukittinggi Rayakan Hari Lahir Pancasila: Momentum Penting Menuju Indonesia Emas 2045

Sebelum terjun ke peringkat delapan pada 1987-88. Pada 1993-94, dengan format Divisi Utama yang baru dan terakhir sebelum penyatuan dengan Perserikatan, SP nyaris lolos ke semifinal sebagai peringkat ketiga Wilayah Barat di bawah Medan Jaya dan Pelita Jaya.

Satu-satunya kesuksesan Semen Padang pada era Galatama adalah menjuarai Piala Galatama pada tahun 1992 setelah mengalahkan Arema Malang di final, berkat gol semata wayang Delfi Adri.

Berkat kemenangan ini, SP berhak untuk mewakili Indonesia di Piala Winners Asia 1993–94. Pada penampilan perdananya di kancah Asia ini, SP mendapatkan bye dari putaran pertama dan berhasil mengalahkan wakil Vietnam Cảng Sài Gòn dengan skor agregat 2-1 pada putaran kedua.

Baca Juga: Optimalkan Pendapatan Recovery, BRI Dorong Pemasaran Aset Bermasalah Melalui Platform Pemasaran Digital

Di putaran ketiga, SP terpaksa mengakui keunggulan wakil Jepang Nissan Motors F.C. dengan agregat 2-12, setelah berhasil menang 2-1 di Padang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat