bdadinfo.com

Resmi Beroperasi! Riau dan Sumatera Bahagia Setelah 5 Tahun Penantian, Akhirnya Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Rampung - News

Resmi Beroperasi! Riau dan Sumatera Bahagia Setelah 5 Tahun Penantian, Akhirnya Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Rampung  (bjpt.pu.go.id)

 - Setelah penantian yang cukup panjang selama lima tahun, Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar akhirnya resmi selesai.

Jalan tol sepanjang 24,7 km ini akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko widodo pada Jumat, 31 mei 2024.

Jalan tol ini merupakan salah satu bagian yang terdapat pada Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan Riau dan Sumatera Barat.

Baca Juga: Kabupaten Kampar Riau Menang Banyak! Dari Presiden Jokowi Shalat Jumat di Masjid Abdullah bin Abbas hingga Peresmian Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar

Pembangunan jalan tol ini dimulai pada Mei 2019 dan memakan waktu yang cukup lama karena berbagai faktor, termasuk pembebasan lahan dan konstruksi.

Namun, dengan selesainya pembangunan ini, diharapkan konektivitas dan aksesibilitas antar kedua provinsi yaitu Riau dan Sumatera akan semakin meningkat.

Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar ini diharapkan dapat membawa manfaat yang signifikan dalam aspek ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Kampar yang berada di Riau.

Baca Juga: Jokowi Sampai Turun Gunung Genjot Proyek Jalan Tol IKN Dikebut Siang dan Malam Agar 17 Agustus 2024 Rampung Sebagai Kado Terindah Bagi Indonesia

Selain itu, jalan tol ini juga akan memudahkan akses ke kawasan pariwisata di Provinsi Sumatera Barat seperti Candi Muara Takus.

Presiden Joko Widodo yang meresmikan jalan tol ini berharap agar jalan tol ini dapat dihubungkan dengan kawasan-kawasan produktif seperti pertanian, perkebunan, hingga pariwisata.

Hal ini untuk memaksimalkan manfaat jalan tol bagi masyarakat dan meningkatkan mobilitas orang dan barang.

Dengan beroperasinya Jalan Tol Bangkinan Koto Kampar ini, total panjang jalan tol yang telah beroperasi di Riau menjadi 186,7 km.

Hal ini merupakan kabar gembira bagi para pengguna kalan yang ingin melakukan perjalanan antar provinsi, khususnya Riau dan Sumatera.

Sebagai informasi, Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar ini menghabiskan dana investasi sebesar Rp 4,8 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat