bdadinfo.com

Sulawesi Selatan Sentra Jalur Emas di Dunia, Surganya Harta Karun Emas Berton-ton Kelas Dunia Salah Satunya Terletak di Bumi Sawerigading - News

Salah satu Provinsi yang menyimpan harta karun emas terbesar di Indonesia yakni Sulawesi Selatan. Sebagai pintu masuk di kawasan timur Indonesia, Provinsi Sulawesi Selatan memiliki potensi di berbagai sektor yang tentunya cukup menjanjikan.

- Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi di semenanjung selatan Sulawesi, Indonesia. Kepulauan Selayar di selatan Sulawesi juga merupakan bagian dari provinsi tersebut.

Ibu kota provinsi ini berada di Kota Makassar. Provinsi ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di utara, Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di timur, Selat Makassar di barat, dan Laut Flores di selatan.

Sensus 2010 memperkirakan jumlah penduduk sebanyak 8.032.551 jiwa yang menjadikan Sulawesi Selatan sebagai provinsi terpadat di pulau itu (46% dari populasi Sulawesi ada di Sulawesi Selatan).

Baca Juga: Kado Istimewa dari Jokowi untuk Kalimantan Timur Siap Mengudara! Bandar Udara VVIP Naratetama IKN Super Megah Beroperasi 1 Agustus 2024

Dan provinsi terpadat keenam di Indonesia. Dan pada akhir 2023, penduduk Sulawesi Selatam meningkat menjadi 9.073.509.

Suku bangsa utama di Sulawesi Selatan adalah suku Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar. Perekonomian provinsi ini didasarkan pada pertanian, perikanan, dan pertambangan emas , magnesium , besi dan logam lainnya.

Pinisi adalah sebuah kapal layar tradisional Indonesia bertiang dua, masih digunakan secara luas oleh orang Bugis dan Makassar, sebagian besar untuk tujuan transportasi, kargo, dan penangkapan ikan antar pulau di kepulauan Indonesia.

Pada masa keemasan perdagangan rempah-rempah, dari abad ke-15 hingga ke-19, Sulawesi Selatan menjadi pintu gerbang Kepulauan Maluku. Ada sejumlah kerajaan kecil, termasuk dua yang menonjol, Kerajaan Gowa yang terletak di Makassar dan Kerajaan Bone yang terletak di Bone.

Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) mulai beroperasi di wilayah tersebut pada abad ke-17.

VOC kemudian bersekutu dengan Arung Palakka dan mereka mengalahkan kerajaan Gowa dalam mengambil kekayaan sumber alam di Nusantara serta hak Monopoli perdagangan.

Arung Palakka kemudian menikmati hasil kerja sama tersebut dengan VOC Belanda.

Baca Juga: Sejalan dengan Kaltim! Kabupaten Tangerang Segera Dibangun Konstruksi Proyek Perumahan Termegah Jadi PSN Siap Layak Dihuni Berstandar Premium Disini

Raja Gowa, Sultan Hasanuddin terpaksa menandatangani Perjanjian Bungaya yang sangat mengurangi kekuasaan Gowa.

Surganya sumber daya tambang, Sulawesi Selatan simpan harta karun emas kelas dunia, ini lokasinya.

Indonesia memiliki banyak daerah penghasil emas yang tersebar, dari Sabang sampai Merauke.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat