bdadinfo.com

Seluas 561 hektare Lahan Dikeruk Jadi Bendungan Terbesar dan Multifungsi Baru Dibangun di Kabupatennya Jawa Barat, Bakal Hubungkan PLTA Tertinggi - News

Bendungan Tahap III, Jabar (Freepik)

- Konstruksi mega proyek strategis di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang sedang berprogres pembangunan tersebut ialah Bendungan Cijurey tahap III.

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) telah melaporkan proyek pembangunan Bendungan Cijurey Paket III telah memasuki progres mulai sebesar 1,63 persen. 

Pengerjaan WIKA dalam proyek bendungan Cijurey mencakup pembangunan jalan akses, bangunan pelimpah dan hidromekanikal.

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar Bisa Dilintasi Secara Gratis, Begini Caranya

Kini tengah fokus merampungkan pengerjaan jalan akses kanan dan galian bangunan spill way terutama dalam lingkup pekerjaannya.

Dengan pembangunan Bendungan Cijurey paket III dikelola oleh WIKA melalui skema konsorsium bersama dengan JAKON KSO. 

Sebabnya, WIKA telah memegang porsi sebesar 70 persen dengan nilai proyek yang diterima perseroan senilai Rp724 miliar.

Baca Juga: Setelah Gagal Menembus Proyek Jalan Tol di Payakumbuh, Jepang Beralih Garap Proyek Baru Sabo Dam di di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar

Bendungan dengan kapasitas daya tampung mencapai 9,76 juta meter kubik tersebut nantinya diyakini bisa mereduksi banjir dari hulu Sungai Cihoe.

Mereduksi banjir mencapai sebesar 59,33 persen dan menyediakan irigasi untuk wilayah Kabupaten Bogor seluas 2.047 hektare.

Proyek yang termasuk dalam bagian PSN yang digagas oleh Kementerian PUPR ini rencananya akan berlangsung sampai Oktober 2028.

Baca Juga: Upacara Hari Lahir Pancasila di Padang Panjang Berlangsung Khidmat

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito menjelaskan, pembangunan bendungan yang merupakan bentuk peran WIKA dalam dukung optimalisasi sumber daya air di Indonesia.

Bendungan Cijurey dibangun dengan tipe urugan random tanah agar bisa mereduksi banjir senilai 59,33 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat