bdadinfo.com

Upacara Hari Lahir Pancasila di Padang Panjang Berlangsung Khidmat - News

Upacara Hari Lahir Pancasila di Padang Panjang Berlangsung Khidmat (Kominfo Padang Panjang)


PADANG PANJANG, -- Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar Pemko Padang Panjang, Sabtu (1/6/2024) berlangsung khidmat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Komandan Secata B Rindam I/BB, Letkol Inf. Yusuf Saud Tanjung, SIP, M.Tr (Han).

Upacara yang dilaksanakan di lapangan kantin tersebut, diikuti ASN, TNI, Polri dan para pelajar. Turut hadir, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota, Dr. Winarno, ME, Ketua DPRD, Mardiansyah, S.Kom, Forkopimda, dan undangan lainnya. Peringatan tahun ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Letkol Yusuf menyampaikan, agar semua warga bisa menjadikan Pancasila sebagai petunjuk serta tujuan bernegara. Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, pihaknya mengajak seluruh masyarakat dan komponen daerah, untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: Tepat di Hari Lahir Pancasila, Gubernur Sumbar Berikan Penghargaan Kepada Alm Haryanto

Dikatakannya lagi, para pendiri bangsa mencetuskan Pancasila yang memiliki kekuatan sampai saat ini. Selain itu, Pancasila menjadi pengingat situasi, kondisi, kedaulatan Indonesia yang berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat.

“Tema tahun ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan,” ujarnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Pariaman Pimpin Upacara Harlah Pancasila Tahun 2024

Ia mengajak agar semua komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu-membahu bergotong royong mewujudkan ruang-ruang yang aman, nyaman, mengedepankan nilai-nilai inklusivisme, toleransi, serta bebas dari kekerasan.
“Saktinya Pancasila terletak pada komitmen bersama kita mewujudkan kemerdekaan yang sebenar-benarnya merdeka bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tuturnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat