bdadinfo.com

Bukan  Main! Jepang Kirim 300 Insinyur Khusus untuk Bangun Proyek di Indonesia, Sumatera Barat Bakal Dibangunkan Infrastruktur Canggih di Tahun 2024 - News

Ilustrasi insinyur dari Jepang yang datang ke Indonesia untuk membantu pembangunan. Pemerintah Pusat dikabarkan akan membangun 56 sabo dam di Sumatera Barat yang direncanakan akan melibatkan Jepang melalui JICA. (Dok: Universitas Katolik Widya Karya)

- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana melangsungkan pembangunan proyek di Sumatera Barat.

Hal tersebut diketahui ketika Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menghadiri pertemuan World Water Forum Bali Ke-10 Rabu, 22 Mei 2024.

Dalam acara World Water Forum di Bali tersebut, Menteri basuki bertemu dengan pihak Japan International Cooperation Agency (JICA).

Baca Juga: Nyaris Tembus 50 Ribu! Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar di Provinsi Riau 5 Hari Dioperasikan Langsung Dibanjiri Kendaraan: Sumbar Bisa Apa?

Diketahui Pemerintah Pusat berencana untuk mengajak Negara jepang melalui JICA untuk turut terlibat dalam pembangunan sabo dam di Provinsi Sumatera Barat.

Pemerintah Pusat menyebutkan, bahwa negara akan banyak membangun sabo dam di Provinsi Sumatera Barat.

Direncanakan, akan ada total sebanyak 56 sabo dam yang akan dibangun di berbagai wilayah di Sumatera Barat utamanya dekat Gunung Marapi.

Baca Juga: Jadi yang Paling Berkembang Se-Sumatera, Jalan Tol di Aceh ini Makin Ramai Jelang PON Tahun 2024: Lebih dari 20 Ribu Kendaraan Melintas Dalam 5 Hari!

Proyek pembangunan infrastruktur sabo dam tersebut dikatakan akan dimulai pembangunannya pada tahun 2024.

Sebagian kecil dari 56 sabo dam tersebut akan dieksekusi di tahun ini yang kemudian yang lainnya menyusul secara bertahap.

Dalam kesempatan yang sama, terungkap bahwa Pemerintah Pusat dan Negara Jepang sudah sejak lama saling bekerja sama terkait pembangunan sabo dam ini.

Baca Juga: JTTS Diserbu Hampir Setengah Juta Kendaraan, Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Jadi Paling Laris: Dalam 5 Hari Ada 81 Ribu Kendaraan yang Mengaspal!

Diketahui, sejak tahun 1970, tercatat lebih dari 300 pakar teknologi sabo dam dari Jepang dikirim ke Indonesia untuk membangun sabo dam lewat kerja sama ini.

Selain bekerja, para insinyur tersebut juga melakukan pertukaran ilmu pengetahuan kepada para pekerja di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat