bdadinfo.com

Jadi yang Paling Berkembang Se-Sumatera, Jalan Tol di Aceh ini Makin Ramai Jelang PON Tahun 2024: Lebih dari 20 Ribu Kendaraan Melintas Dalam 5 Hari! - News

Ilustrasi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh di Provinsi Aceh. Tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini semakin ramain menjelang PON ke-21 dan saat cuti bersama Hari Raya Iduladha tahun 2024. (Dok: RRI)

- Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus menjadi pilihan dari masyarakat untuk bepergian ke dalam maupun ke luar daerah.

Diketahui, baru-baru ini Jalan Tol Trans Sumatera kembali diserbu oleh para pengguna jalan tol. Tak terkecuali jalan tol yang ada di Provinsi Aceh, yaitu Jalan Tol Sigli Banda Aceh.

Momen cuti bersama Hari Raya Iduladha tahun 2024 ini, Jalan Tol Trans Sumatera dilintasi hampir setengah juta kendaraan hanya dalam waktu 5 hari saja.

Baca Juga: JTTS Diserbu Hampir Setengah Juta Kendaraan, Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Jadi Paling Laris: Dalam 5 Hari Ada 81 Ribu Kendaraan yang Mengaspal!

Pada periode pengamatan 14 - 19 Juni 2024 yang dilakukan oleh Hutama Karya, tercatat Jalan Tol Trans Sumatera menjadi pilihan para pengguna jalan untuk pulang ke kampung halaman. 

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan trafik yang cukup signifikan selama periode pengamatan tersebut.

Diketahui, Jalan Tol Trans Sumatera mengalami kenaikan sebesar 23 persen dibandingkan Volume Lalu Lintas (VLL) normal.

Baca Juga: JTTS Menggila! Kurang Seminggu Ada Lebih Dari 400 Ribu Kendaraan Melintas saat Cuti Bersama Iduladha: Bukti Sumatera Butuh Tol

Tercatat dalam 5 hari pengamatan, kendaraan yang mengaspal di Jalan Tol Trans Sumatera mencapai total 421.000 kendaraan yang melintas.

Angka ini merupakan akumulasi dari seluruh ruas jalan tol garapan Hutama Karya yang ada dan telah beroperasi di Pulau Sumatera.

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, Jalan Tol Sigli Banda Aceh seksi Seulimeum - Baitussalam (Sibanceh) mengalami lonjakan kendaraan yang melintas.

Baca Juga: Marapi di Sumatera Barat Kerap Erupsi, Jepang Datang Mau Bangun Mega Proyek Diluar Nalar untuk Kendalikan Gunung Api di Tahun 2024: Sanggup?

Tercatat, sebanyak 22.487 kendaraan melintas di Jalan Tol Sigli Banda Aceh. Angka ini meningkat 45 persen dari volume lalu lintas normal.

Angka tersebut juga membuat Jalan Tol Sigli Banda Aceh menjadi jalan tol yang menunjukkan pertumbuhan trafik paling signifikan diantara ruas Jalan Tol Trans Sumatera lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat