bdadinfo.com

O2SN dan FLS2N Tingkat Solsel Dimulai, Bertanding dengan Sportif Ya! - News

- Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan adalah Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Solok Selatan Tahun 2024 telah dimulai. Siswa tingkat SD dan SMP akan berlaga memperebutkan posisi terbaiknya.

Kedua kegiatan tahunan ini akan dilaksanakan di Ibukota Solok Selatan dan GOR Rimbo Tangah, Sangir pada 3-5 Juni 2024. Total siswa yang akan bertanding di O2SN sebanyak 75 atlet tingkat SD dan 122 atlet tingkat SMP, sedangkan untuk FLS2N sebanyak 61 orang dari tingkat SD dan 54 orang dari tingkat SMP.

Cabang olahraga yang dipertandingkan di O2SN ini antara lain atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, dan karate. Sedangkan untuk FLS2N ini adalah nyanyi solo, seni tari, pantomim, gambar bercerita, dan kriya.

Baca Juga: Chelsea Tunjuk Enzo Maresca sebagai Pengganti Mauricio Pochettino, Rupanya Ini Alasannya

Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi dalam pembukaan kegiatan ini mengharapkan seluruh atlet bisa bertanding dengan sportif dan semangat.

"Ikuti kompetisi ini dengan semangat dan sportivitas yang tinggi dalam setiap cabang lomba olahraga dan yang akan
dilombakan," kata Yulian di GOR Rimbo Tangah, Senin (3/6/2024).

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan untuk identifikasi, pengembangan, dan aktualisasi untuk menghasilkan peserta didik berprestasi di bidang olahraga dan seni.

Baca Juga: Di Luar Nalar! Diisukan Gabung ke Tim Pabrikan Ducati, Jorge Martin Malah Pilih Aprilia

Ini juga merupakan wujud hadirnya Pemerintah Daerah dalam menunjang kebijakan dan program Manajemen Talenta Nasional dan Desain Besar Olahraga Nasional dan seni, dengan menyiapkan bibit-bibit talenta olah raga dan seni yang bersumber dari peserta didik yang memiliki minat dan bakat di kedua bidang ini.

Selain itu, olahraga juga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan.

Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Lakukan Peletakan Batu Pertama Rumah Tahfiz Nurul Islam JKA Kota Pariaman

"Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa," paparnya.

Upacara pembukaan O2SN dan FLS2N Tingkat Kabupaten Solok Selatan Tahun 2024 pun ditutup dengan parade dari seluruh atlet dari tiap-tiap kecamatan di Solok Selatan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat