bdadinfo.com

Dibuka Presiden Jokowi, Rakernas APEKSI XVII Balikpapan Turut Dihadiri Pj Wako Padang - News

Pj Wako Padang Andree Algamar bersama Presiden Jokowi. (Humas Pemko Padang )

- Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional APEKSI XVII yang digelar di Balikpapan Sport & Convention Centre Dome, Selasa, 4 Juni 2024.

Agenda tahunan yang diikuti 98 Wali Kota se-Indonesia ini juga dihadiri Mendagri Tito Karnavian bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto serta sejumlah Dewan Pengurus APEKSI dan unsur terkait lainnya.

"Alhamdulillah Rakernas kita sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Presiden. Kita juga berkesempatan mendengarkan secara langsung arahan Presiden terkait peran dan tanggung jawab pemerintah kota ke depan," ucap Pj Wako Padang kepada wartawan di sela kegiatan.

Baca Juga: Rakernas APEKSI XVII Balikpapan, Pj Wako Padang: Semoga Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi Seluruh Kota se-Indonesia

Sementara itu, dalam sambutan dan arahannya Presiden Jokowi menekankan terkait tantangan perkotaan dan konsep pembangunan perkotaan Indonesia di masa depan.

"Salah satu yang menjadi perhatian bagi para wali kota adalah konsep pembangunan berbasis masyarakat. Paradigma bahwa kemajuan sebuah kota dilihat dari banyaknya gedung pencakar langit harus mulai diubah. Karena pemenuhan berbagai kebutuhan masyarakat adalah prioritas," ujarnya.

Presiden RI ke-7 itu menambahkan, setiap kota mesti ramah pejalan kaki, ramah disabilitas, ramah pesepeda, ramah perempuan dan anak, serta ramah lingkungan. Begitu juga mampu menyediakan ruang bagi generasi muda, pelaku UMKM dan industri ekonomi kreatif serta kebutuhan penting lainnya.

Baca Juga: Hadiri Peringatan HLUN ke-28 Tingkat Sumbar, Andree Algamar Sampaikan Pentingnya Memperhatikan Lansia

"Melalui forum APEKSI ini diharapkan para wali kota dapat mewujudkan itu semua," tegas Presiden Joko Widodo.

Pada saat yang sama, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang juga Ketua Dewan Pengurus APEKSI menyampaikan apresiasi bagi seluruh delegasi kota-kota anggota APEKSI yang hadir di Kota Balikpapan mengikuti Rakernas APEKSI XVII selama 1-6 Juni 2024.

"Berkumpulnya kita dalam forum ini menunjukkan APEKSI tetap solid sebagai rumah besar yang mengayomi kita semua. Hal ini sesuai tema Rakernas APEKSI XVII 2024 "Kota Sejahtera, Indonesia Maju"," imbuhnya.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud juga menyampaikan bahwa Kota Balikpapan sangat senang bisa menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI XVII.

"Balikpapan sangat berbangga terhadap APEKSI. Kami berterima kasih sekali kepada bapak Presiden RI yang berkenan membuka acara yang luar biasa ini. APEKSI telah membuat perputaran ekonomi yang luar biasa bagi Balikpapan sebagai kota akses yang dekat menuju Ibu Kota Nusantara (IKN)," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat