bdadinfo.com

Bangkit dari Kubur! Jalan Tol Penghubung Sumatera Selatan-Bengkulu Dapat Antensi dari Pusat: Bakal Dibangun Mulai Tahun 2025? - News

Ilustrasi pembangunan jalan tol penghubung Sumatera Selatan-Bengkuludikabarkan akan mulai dibangun pada tahun 2025 atau 2026 mendatang. Proyek ini bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Dok: PUPR Binamarga)

- Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus diupayakan menjangkau seluruh daerah di Pulau Sumatera.

Sejumlah proyek pembangunan jalan tol diupayakan dapat dibangun guna mengkoneksikan sejumlah wilayah di Pulau Sumatera dengan lebih baik.

Salah satunya adalah upaya menghubungkan Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu melalui jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: Asyik! Sumatera Utara Bakal Panen Jalan Tol di Akhir Tahun 2024, Ada 3 proyek yang Bakal Rampung dan Beroperasi untuk Warga Sumut

Sayangnya, proyek ini status pembangunannya masih belum belum begitu jelas karena hingga pertengahan tahun 2024 ini, jalan tol yang dibangun masih sebagian saja.

Pada akhir tahun 2023 lalu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bahkan mengatakan, bahwa jalan tol penghubung Sumatera Selatan dan Bengkulu dihapus dari Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan memberikan penjelasannya soal jalan tol penghubung Sumsel dengan Bengkulu.

Baca Juga: Jalan Tol di Sumatera Utara yang Sudah Beroperasi ini Bakal Punya Wajah Baru di Tahun 2024 ini: Siap Bikin Silau Tol di Pulau Jawa!

Ketika ditanya oleh awak media terkait kejelasan proyek jalan tol penghubung Sumatera Selatan - Bengkulu, Jokowi mengatakan, bahwa akan menanyakannya terlebih dahulu dengan Menteri PUPR.

Jalan tol penghubung Sumatera Selatan dan Bengkulu ini sendiri rencananya akan mengkoneksikan sejumlah kota. 

Diantaranya seperti Lubuk Linggau, Muara Enim ke arah Palembang dan dari Kepahiang menuju ke arah Bengkulu.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin Molor Lagi Tidak Jadi Rampung Bulan Juli 2024, Ternyata ini Masalahnya yang Bikin Gagal Beroperasi

Sementara itu di tempat terpisah, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menegaskan, bahwa Pemerintah Pusat segera melanjutkan pembangunan jalan tol penghubung Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Diketahui, proyek tersebut nantinya diharapkan dapat berjalan dengan menggunakan dana dari anggaran APBN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat