bdadinfo.com

Jalan Tol Super Megah Sepanjang 111 Km di Sumatera Selatan ini Bakal Jadi Tol Pertama yang Dibuka Prabowo Saat Jabat Presiden: Proyeknya Bikin Minder! - News

Ilustrasi Jalan Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan yang akan rampung di tahun 2025. Rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini dimungkinkan menjadi tol pertama yang akan diresmikan calon presiden terpilih Prabowo Subianto. (Instagram: pupr_bpjt)

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) hingga memasuki pertengahan tahun 2024 ini masih terus berlangsung.

Sejumlah ruas jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera akan tuntas tahap konstruksi fisiknya di tahun 2024 ini dan sebagian di tahun 2025.

Menariknya, tahun 2024 ini menjadi tahun terakhir Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Kepala Negara.

Baca Juga: Dikasih Waktu yang Sama Tapi Tol di Riau Lebih Maju 200 Km dari Sumatera Barat: Ternyata ini Biang Keladinya Sumbar Tertinggal

Dengan demikian, ruas jalan tol yang akan rampung pembangunannya di tahun 2025 pun dimungkinkan akan diresmikan oleh calon presiden terpilih selanjutnya, Prabowo Subianto.

Adapun ruas jalan tol megah rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera yang ada di Provinsi Sumatera Selatan ini diprediksi akan menjadi ruas JTTS pertama yang akan diresmikan oleh Prabowo Subianto.

Proyek jalan tol megah tersebut adalah Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Jalan Tol Kapal Betung.

Baca Juga: Proyek Tol Padang-Sicincin Memanas! Lebih dari 1 Nama Siap Diumumkan Sebagai Tersangka Baru Kasus Korupsi yang Rugikan Negara Rp27 Miliar 

Jalan Tol Kapal Betung ini direncanakan akan dibangun dalam 3 (tiga) seksi pembangunan dengan panjang total lintasan mencapai 111 km.

Hingga bulan Juni tahun 2024, ruas Jalan Tol Kapal Betung ini sudah beroperasi sebagian. Seperti dari seksi Kayu Agung - Jakabaring dan seksi Jakabaring - Kramasan sepanjang 43 km.

Seksi Jalan Tol Kayu Agung - Jakabaring dioperasikan sejak April 2020 lalu. Sementara seksi Jakabaring -Kramasan menyusul satu tahun berikutnya di 2021.

Baca Juga: Kasus Korupsi Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin Mulai Babak Baru! 28 Orang Diperiksa Sebagai Saksi: Nama Baru Siap Hadir Perbanyak Jumlah Tersangka 

Sedangkan ruas Palembang Kramasan - Pangkalan Balai, sepanjang 55 kilometer dalam tahap konstruksi dengan progres 75 persen.

Sementara sisanya dari Pangkalan Balai - Betung sepanjang 15 kilometer masih dalam tahap pengadaan tanah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat