bdadinfo.com

Masih Bingung? Inilah 5 Tips Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Berkualitas Wajib Tahu - News

5 Hewan Kurban Terpapar LSD di Banjarnegara, Yuk Kenali Gejalanya/ Pixabay

- Jelang hari Raya Idul Adha para umat muslim akan berburu hewan kurban terbaiknya.

Pada momen ini umat muslim seluruh dunia akan mengeluarkan hartanya dengan bersedekah melalui hewan kurban.

Memilih hewan kurban memang harus dilakukan dengan teliti dan sesuai dengan syariat, hal ini dilakukan agar daging yang dikonsumsi halal, layak, dan berkualitas.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Dispangtan Kota Padang Panjang Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Bagi para umat muslim yang sudah berencana berkurban tahun ini namun masih bingung cara memilih hewan kurban yang baik dan berkualitas, simak penjelasan berikut!

Berikut ini tips cara memilih hewan kurban yang baik dan berkualitas.

  1. Pastikan hewan ternak

Hewan yang layak untuk dijadikan kurban adalah jenis hewan ternak. Hewan ternak yang diperbolehkan adalah unta, kambing, domba, sapi, dan kerbau.

Baca Juga: Listrik Andal Jelang Idul Adha 1445 H, PLN Perkuat Sinergi Bersama Bupati Pasaman Barat

  1. Usia hewan kurban

Untuk syarat usia yang baik untuk hewan yang layak dijadikan kurban seperti sapi, kerbau, kambing, unta, hingga domba. Hewan tersebut pun harus memiliki umur yang cukup.

Unta minimal umur 5 tahun, sapi dan kerbau minimal umur 2 tahun, kambing/domba minimal umur 1 tahun.

  1. Hewan kurban tidak cacat

Hewan kurban harus dalam kondisi yang sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit. Misalnya demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

Pilihlah hewan ternak yang sehat cuping hidungnya basah, tetapi bukan karena flu dengan bulu yang bersih dan mengkilap. Cek juga pernafasan dan juga detak jantungnya.

Lakukan pengecekan pada matanya, karena hewan kurban menjadi tidak sah jika hewan tersebut mengalami buta sebelah atau jelas sekali kebutaanya.

Hewan kurban yang sehat berciri-ciri aktif bergerak, bergairah, mata bersinar dan bersih, kulit/bulu halus, nafsu makan baik, dan hidung basah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat