bdadinfo.com

Geser Kejayaan Jembatan Suramadu! Provinsi Riau Punya Jembatan Terpanjang di Indonesia yang Telan Biaya Rp7 Triliun Dibangun oleh Investor China - News

Jembatan yang akan dibangun di Provinsi Riau tersebut merupakan Jembatan Sungai Pakning - Pulau Bengkalis mengalahkan Jembatan Suramadu sepanjang 6,1 Km senilai Rp7 triliun.

- Jembatan Nasional Suramadu atau Jembatan Suramadu adalah sebuah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia.

Dengan panjang 5.438 m, jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang ke 6 di Indonesia setelah jembatan Tol Bali Mandara yang menghubungkan wilayah pelabuhan Benoa dengan Nusa Dua untuk saat ini.

Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama. Jalan yang melintasi jembatan ini sebelumnya merupakan jalan tol sejak peresmiannya pada Juni 2009 hingga Oktober 2018.

Baca Juga: Kanwil Kemenag Sumbar Lakukan Pembinaan Penguatan Moderasi Beragama di Padang Panjang

Jembatan Suramadu merupakan Jembatan terpanjang yang ada di Indonesia saat ini, dengan panjang 5,4 kilometer dengan menghubungkan Surabaya - Madura.

Namun, akan ada jembatan di Provinsi Riau yang panjangnya akan mengalahkan Jembatan Suramadu.

Jembatan yang akan dibangun di Provinsi Riau tersebut merupakan Jembatan Sungai Pakning - Pulau Bengkalis.

Rencana pembangunan jembatan Pulau Bengkalis menghubung Pulau Sumatera Sungai Pakning saat ini menjadi topik hangat ditengah-tengah masyarakat.

Kabar ini tentu membuat masyarakat Kabupaten Bengkalis merasa bangga, bersyukur dan riang gembira. Karena pembangunan jembatan tersebut, sudah menjadi idaman serta impian bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis sejak dahulu.

Sebetulnya wacana pembangunan jembatan Bengkalis-Pakning ini, sejak dahulu sudah dibahas dan diperbincangkan, namun sayangnya belum mendapat sinyal dukungan resmi serta respon Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemerintah Pusat.

Alhamdulillah berkat tangan dingin seorang Bupati Bengkalis Kasmarni bersama Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso akhirnya mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Riau serta disambut baik dari berbagai pihak termasuk investor dari China. Sehingga awalnya wacana sekarang sudah menjadi sebuah rencana.

Baca Juga: Dinas PPP Kota Pariaman Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Informasi tentang pembangunan jembatan Bengkalis-Pakning ini, selalu diucapkan oleh orang satu Kabupaten Bengkalis ketika ia melakukan Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Bengkalis tahun 2024 ini.

Seperti Safari Ramadhan hari ini di Kecamatan Bandar Laksamana, Bupati Kasmarni kembali disampaikan rencana pembangunan jembatan Bengkalis-Pakning, Selasa 2 April 2024, tepatnya di Masjid Al- Mukminin.

Dalam sambutan Bupati Kasmarni mengatakan, kabar gembira ini merupakan anugerah yang diberikan Allah Swt, untuk masyarakat Kabupaten Bengkalis. Untuk itu dukungan serta doa dari semua pihak tentu menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat