bdadinfo.com

Riau-Sumbar Bersatu! Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Potong Kompas Waktu Perjalanan dari Pekanbaru ke Bukitinggi Terpangkas Satu Jam Lebih - News

Kota wisata Bukittinggi di Provinsi Sumatera Barat semakin dekat dari Pekanbaru, Provinsi Riau. Pasalnya, ruas jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar sudah dibuka yang memungkinkan waktu perjalanan dari Pekanbaru ke Bukitinggi terpangkas satu jam lebih.

- Presiden RI Joko Widodo meresmikan jalan tol PekanbaruPadang Ruas Bangkinang – Pangkalan Seksi Bangkinang – XIII Koto Kampar yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera pada Jumat, 31 Mei 2024 yang lalu.

“Hari ini jalan tol Pekanbaru – Padang seksi Bangkinang – Pangkalan tahap I, yaitu Bangkinang – Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 km”, ujar Presiden Joko Widodo.

Jalan tol ini adalah sirip dari jalan tol Trans Sumatera yang diharapkan nantinya akan tersambung hingga Pekanbaru dan Padang.

Baca Juga: Jemaah Haji Alami Muntah Darah hingga Meninggal Dunia di Arab Saudi Gegara Strok Haba, Ini 8 Tanda-Tanda Gejala Awalnya!

Jalan Tol Pekanbaru – Padang Ruas Bangkinang – Pangkalan Seksi Bangkinang – XIII Koto Kampar ini memiliki panjang 24,7 Km dengan total nilai investasi sebesar Rp. 4.833 Milyar. Jalan tol ini dimulai pembebasan lahannya pada bulan Mei 2019 dan dilanjutkan pelaksanaan konstruksi.

Jalan tol Pekanbaru – Padang Ruas Bangkinang – Pangkalan Seksi Bangkinang – XIII Koto Kampar merupakan kelanjutan dari jalan tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 31 Km yang sebelumnya telah diresmikan dan beroperasi pada tanggal 4 Januari 2023.

Jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari Kota Pekanbaru menuju Provinsi Sumatera Barat dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kampar.

Baca Juga: Agenda-agenda Sumbar saat Temui Menteri PUPR, Usulan Mengenai Jalan Tol hingga Jalan Daerah Dibahas: Sumatera Barat Saatnya Berbenah 

Selain itu, jalan tol ini juga memudahkan akses ke kawasan pariwisata seperti Candi Muara Takus dan berbagai kawasan pariwisata lainnya di Sumatera Barat.

"Saya berharap kepada Pj Gubernur dan Walikota agar jalan tol yang telah selesai direncanakan ini terhubung dengan kawasan - kawasan produktif seperti kawasan pertanian, kawasan perkebunan, kawasan pariwisata sehingga betul - betul ada manfaatnya bagi masyarakat dan juga mobilitas orang dan mobilitas barang lebih cepat sehingga bisa bersaing dengan negara lain", kata Presiden Joko Widodo.

Dengan diresmikannya jalan tol ini jumlah panjang tol yang beroperasi di wilayah Riau menjadi 186,7 Km, yaitu jalan tol Pekanbaru – Dumai sepanjang 131 Km, jalan tol Pekanbaru – Bangkinang 31 km, dan jalan tol Bangkinang – XIII Koto Kampar 24,7 Km.

Hadir mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Pj. Gubernur Riau S.F. Hariyanto, dan Pj. Walikota Kampar Muhammad Firdaus

Kota wisata Bukittinggi di Provinsi Sumatera Barat semakin dekat dari Pekanbaru, Provinsi Riau.

Pasalnya, ruas jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar sudah dibuka yang memungkinkan waktu perjalanan dari Pekanbaru ke Bukitinggi terpangkas satu jam lebih.

Menanggapi hal tersebut, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, pembukan ruas tol di XIII Koto Kampar ini, dalam rangka mendukung kelancaran mobilitas masyarakat pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat