bdadinfo.com

Sejarah Peringatan Hari Istiqlal Setiap 22 Februari, Berikut Keindahan Masjid Terbesar Asia Tenggara - News

 Sejarah Peringatan Hari Istiqlal Setiap 22 Februari, Berikut Keindahan Masjid Terbesar Asia Tenggara (Getty Images/iStockphoto)

- Hari Istiqlal diperingati pada 22 Februari setiap tahunnya. Peringatan ini menjadi pengingat akan sejarah penting pembangunan masjid terbesar di Asia Tenggara ini.

Tanggal 22 Februari ditetapkan sebagai Hari Istiqlal, hari pertama kalinya Masjid Istiqlal dibuka untuk umum pada 1978. Masjid Istiqlal dikenal sebagai salah satu ikon yang tak bisa dilepaskan dari Ibu Kota Jakarta. Masjid ini berseberangan dengan Gereja Katedral dan Gereja Imanuel.

Masjid Istiqlal diresmikan pada 22 Februari 1978 oleh Presiden Soeharto, dan tercatat sebagai Masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal menjadi tempat ibadah umat Islam yang terbesar sekaligus termegah di Tanah Air.

Baca Juga: Ledakan Dahsyat Blitar Ratakan 25 Rumah, Kapolda Jatim Singgung Siapa yang Tanggung Jawab

Nama Istiqlal berasal dari bahasa Arab yang artinya merdeka. Nama ini juga bisa diartikan sebagai bentuk syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

Pendirian Masjid Istiqlal merupakan bagian dari proyek pembangunan yang diprakarsai oleh Presiden Soekarno.

Kata Istiqlal kemudian ditabalkan pada nama masjid yang dibangun sebagai tempat ibadah sekaligus wujud syukur atas bebasnya Indonesia dari penjajahan.

Baca Juga: Waduh! Gegara Gosip, Perempuan di Palopo Sikat Tetangga Gigit Puting Payudara hingga Putus, Kini Disidang

Meraih peringkat pertama terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ke-6 dunia, masjid yang pembangunannya memakan waktu sekira 17 tahun ini juga menjadi simbol pengingat bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Rancangan masjid ini bergaya arsitektur Islam modern, namun dibuat dengan gaya yang minimalis. Bentuknya geometri sederhana laiknya kubus, persegi dan ada kubah bola yang sangat besar.

Dari sini, kamu bisa melihat melihat kesan agung dan monumental begitu kelihatan. Ragam hias ornamen masjid pun dibikin sederhana namun tetap tampak elegan, yaitu pola geometris berupa ornamen logam krawangan (kerangka logam berlubang) berpola lingkaran, kubus, atau persegi. Fungsi ornamen ini sabagai penyekat, jendela, atau lubang udara, juga berfungsi sebagai unsur estetik dari bangunan ini.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sumbar Jakarta dan Jabar Hari Ini Kamis 23 Februari 2023

Laiknya masjid lain, Istiqlal juga memiliki sebuah menara yang tinggi menjulang. Tinggi menari 66,66 meter. Jumlah ini melambangkan ayat suci dalam Alquran, sementara menara besi setinggi 30 meter adalah personifikasi dari jumlah juz dalam Alquran.

Selain itu, kamu juga bisa melihat identitas bedug yang merupakan perlambang nusantara. Bedug ini terbuat dari kayu meranti dari Kalimantan Timur yang konon berumur 300 tahun. Garis tengah atau diameter depan bedug adalah 2 meter sedangkan diameter belakang adalah 1,71 meter. Sementara panjang keseluruhan adalah 3 meter dengan berat total 2,3 ton.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat