bdadinfo.com

Kunci Jawaban Statistika Ekonomi dan Bisnis Nata Wirawan Edisi Keempat Bab 4 Nilai Sentral Data Kependudukan - News

Soal Latihan Bab 4 Statistika Nata Wirawan

Kunci jawaban berikut dikutip dari Buku Cara Mudah Memahami Statistika Ekonomi dan Bisnis (Statistika Deskriptif) Edisi Keempat karya Nata Wirawan Penerbit Keraras Emas edisi 2016.

Kunci jawaban Statistika Ekonomi dan Bisnis Bab 4 ini memuat materi latihan soal tentang menentukan nilai sentral dari sejumlah data kependudukan, termasuk nilai rata-rata (mean), modus, dan median.

Kunci jawaban Statistika Ekonomi dan Bisnis Edisi keempat Bab 4 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 192 Aktivitas Kelompok Teka-Teki Silang Perdagangan Bebas Kurikulum 2013

Soal Latihan

4 - 1 Sebutkan ukuran nilai sentral/tengah (rata-rata hitung, median, modus) yang paling tepat untuk pernyataan-pernyataan di bawah ini:

(a) Lima puluh persen penduduk sebuah desa berumur 70 tahun atau lebih

(b) Pendapatan per kapita penduduk sebuah kecamatan di Bali adalah Rp 750.000,00 per bulan

(c) Pada saat pelelangan suatu barang nilai yang paling banyak adalah penawaran yang bernilai Rp 20.000.000,00

Kunci jawaban:

Dari pernyataan tersebut, didapatkan bahwa:

1. Ukuran nilai sentral mean atau rata-rata hitung yang paling tepat ada di pernyataan (b), yakni pendapatan per kapita penduduk sebuah kecamatan di Bali sebesar Rp 750.000,00 per bulan.

2. Ukuran nilai sentral median yang paling tepat pada pernyataan (a), yaitu lima puluh persen penduduk sebuah desa berumur 70 tahun atau lebih.

3. Ukuran nilai sentral modus yang paling tepat berada di pernyataan (c), karena modus adalah nilai yang sering muncul, pada saat pelelangan suatu barang nilai yang paling banyak adalah penawaran bernilai Rp 20.000.000,00.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat