bdadinfo.com

Kenali Sosok Buya Hamka yang Diperankan Vino G Bastian Sebelum Nonton Filmnya, Ternyata Banyak Fakta Unik - News

Vino G.Bastian Perankan Buya Hamka (Malza Nurzaini)

- Belum lama ini dunia perfilman diramaikan dengan Vino G. Bastian yang memerankan tokoh penting asal Sumatera Barat yaitu Buya Hamka.

Kabarnya, Vino G. Bastian perankan Buya Hamka dengan penuh tantangan dan kebanggaan mengingat tokoh yang diperankannya merupakan orang yang amat sangat dihormati.

Film Buya Hamka yang diperankan oleh Vino G. Bastian dan sejumlah aktor lainnya akan tayang pada musim liburan lebaran nanti, tepatnya pada tanggal 20 April 2023.

Baca Juga: Hadiri Yatim Fest 2023, Yayasan Abulyatama Ucapkan Terimakasih atas Dukungan Gubernur Sumbar

Sebelum menonton film tersebut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu sosok yang diperanakna oleh Vino G. Bastian tersebut agar lebih tertarik untuk menontonnya di bioskop.

Buya Hamka lahir pada 17 Februari 1908 di Kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat, dari pasangan Dr. H. Abdul Karim Amrullah (Haji Rasul) dan Siti Safiyah Binti.

Tokoh ini dikenal dengan mewarisi darah ulama dari ayahnya yang dikenal sebagai ulama pelopor Gerakan Islah (tajdid) di Minangkabau.

Baca Juga: Giliran Keluarga Pejabat BUMN Viral di Medsos, Netizen: Cuma KW Itu Om

Selain itu, ayahnya juga merupakan salah satu tokoh utama dari gerakan pembaharuan yang membawa reformasi Islam.

Hamka merupakan akronim dari nama aslinya yakni Haji Abdul Malik Karim Abdullah, sedangkan Buya merupakan panggilan khas Minangkabau untuk orang-orang yang dihormati.

Tidak seperti tokoh hebat lainnya yang menghabiskan waktu dengan sekolah formal, Buya Hamka menjalankan pendidikan formal hanya sampai kelas 2 Sekolah Dasar di Maninjau.

Baca Juga: Menyejukkan, Chelsea FC Adakan Kegiatan Buka Bersama di Stamford Bridge

Adapun ia lebih memilih untuk mendalami ilmu agama di Sumatera Thawalib di Padang Panjang, sekolah Islam yang didirikan ayahnya sekembalinya dari Makkah sekitar tahun 1906.

Sebagai pribadi yang haus akan ilmu pengetahuan, di sanalah ia mulai mempelajari secara serius agama Islam dan bahasa Arab.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat