bdadinfo.com

Bukan Terkait Politik, Begini Penjelasan Jokowi soal Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 - News

Presiden RI Joko Widodo memberi pernyataan terkait penolakan Israel di Piala Dunia U 20 FIFA  (Youtube Sekretariat Presiden)

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan koneferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 28 Maret 2023.

Lewat konferensi pers tersebut Jokowi menegaskan bahwa keikutsertaan timnas Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia tidak ada kaitannya dengan konsistensi politik Indonesia kepada Palestina.

"Saya menjamin keikutsertaan timnas Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat," tutur Jokowi.

Baca Juga: Mitsubishi XFC Concept Hadir di Kota Surabaya, Tepatnya Disini

Jokowi menyebut bahwa Indonesia juga sependapat dengan Duta Besar Palestina yang ada di Indonesia yang mengatakan bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya.

Sebelumnya Duta Besar Palestina yang ada di Indonesia mengatakan bahwa mereka tidak mempermasalahkan keikutsertaan Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Dan dalam urusan Piala Dunia U-20 ini kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia, bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya," kata Jokowi.

Orang nomor 1 di Indonesia itu juga mengatakan untuk tidak mencampuradukan politik dan olahraga.

"Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik," tutur Jokowi dalam lanjutan konferensi persnya.

Jokowi mengatakan FIFA sudah mengetahui banyaknya penolakan dari berbagai elemen masyarakat di Indonesia terhadap keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Transaksi Ganja di Pasar, Dua Orang Pria Diringkus Satresnarkoba Polres Payakumbuh

"Saat ini FIFA juga telah mengetahui penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20," kata Jokowi.

Presiden Republik Indonesia itu juga menyebut bahwa Pemerintah bersama PSSI sedang berusaha untuk mencari solusi terbaik.

Maka dari itu, Jokowi telah mengutus Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI untuk bertemu dengan pihak FIFA.

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk membicarakan terkait permasalahan keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat