bdadinfo.com

KBRI Den Haag Pastikan Tak Ada WNI yang Jadi Korban Kecelakaan Kereta di Belanda - News

Kecelakaan kereta di Belanda tewaskan satu orang dan 30 lainnya luka-luka. KBRI Den Haag pastikan tak ada WNI yang jadi korban. (Reuters)

- KBRI Den Haag memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban dalam kecelakaan kereta di Belanda.

Insiden kecelakaan kereta di Belanda itu terjadi pada hari Selasa, 4 April 2023 pukul 03.25 pagi waktu setempat.

“Berdasarkan komunikasi dengan Kementerian Luar Negeri Belanda, diperoleh informasi bahwa tidak ada WNI yang menjadi korban dalam kecelakaan kereta tersebut,” kata KBRI Den Haag.

 Baca Juga: Berbagai Jenis Awan yang Ganggu dan Berbahaya Bagi Penerbangan

Dalam laporannya, diketahui bahwa setidaknya satu korban tewas dan 30 orang lainnya terluka ketika sebuah kereta yang membawa sekira 50 orang tergelincir di Belanda pada Selasa pagi, setelah menabrak derek konstruksi.

Tim penyelamat mengangkut korban luka dalam kegelapan menjelang fajar di lokasi kejadian di Voorschoten, sebuah desa dekat Den Haag.

Pejabat Kereta Api Belanda Carola Belderbos mengatakan kereta itu bertabrakan dengan derek. Korban terluka termasuk pengemudi dan dua kondektur.

Baca Juga: Kapan Mulai Dibayar Zakat Fitrah? Ini Dalil dan Hukumnya

Menurut keterangan layanan darurat, gerbong depan kereta malam dari Kota Leiden ke Den Haag kemudian tergelincir dan menabrak lapangan.

Gerbong kedua berada di sisinya dan kebakaran terjadi di gerbong belakang, tetapi kemudian padam.

Jeroen Wienen dari Prorail, perusahaan pemelihara rel, mengatakan kereta barang juga menabrak derek.

Baca Juga: Tanggapi Soal Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ganjar: Saya Punya Tanggung Jawab Moral

Beberapa investigasi telah dimulai, termasuk oleh perusahaan itu sendiri, polisi, dan Badan Keamanan Belanda—yang menangani jenis kecelakaan serius.

"Prioritas kami sekarang adalah untuk mencari tahu apa yang terjadi dan bagaimana ini bisa terjadi dan bagaimana kami dapat memastikan ini tidak terjadi lagi," kata Wienen di lokasi kecelakaan.

Kereta Api Belanda mengatakan bahwa perjalanan kereta lokal antara Leiden dan sebagian Den Haag—salah satu rute tersibuk di Belanda—dibatalkan untuk sisa hari itu karena kecelakaan tersebut. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat