bdadinfo.com

Gempa Magnitudo 3,1 Mengguncang Zona Megathrust di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat - News

Gempa Magnitudo 3,1 Mengguncang Zona Megathrust di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Info BMKG)

- Gempa bumi dengan magnitudo 3,1 mengguncang zona Megathrust di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat 2 Juni pukul 13:33:05 WIB hari ini.

Episenter gempa berada pada koordinat 7,30 lintang selatan dan 106,50 bujur timur, sekitar 35 kilometer barat daya dari pusat Kota Sukabumi. 

Meskipun magnitudo gempa tersebut tergolong kecil, namun getaran gempa dirasakan hingga kedalaman 20 kilometer.

Baca Juga: Preview Torino vs Inter Serie A, Cek Prediksi Skor, Head to Head Hingga Line Up Pemain

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa gempa tersebut terjadi di zona Megathrust, wilayah yang rentan terhadap aktivitas seismik. 

Zona Megathrust adalah pertemuan antara lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia, dan kerap menjadi sumber gempa bumi di Indonesia.

Menurut Kepala BMKG, Dr. Dwikorita Karnawati, gempa dengan magnitudo 3,1 masih termasuk dalam kategori gempa kecil yang umum terjadi di wilayah Indonesia. 

Baca Juga: ONE OK ROCK Akan Konser di Jakarta, Berikut Daftar Harga Tiket Serta Syarat dan Ketentuan Pembelian

Meski demikian, BMKG tetap memantau aktivitas gempa di daerah tersebut untuk memastikan tidak ada gempa susulan yang berpotensi lebih besar.

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut. Namun, warga setempat dilaporkan merasakan getaran kuat dan beberapa barang rumah tangga terguncang. 

Beberapa orang bahkan keluar dari rumah mereka saat gempa terjadi, mengingat daerah ini telah mengalami gempa-gempa yang lebih besar di masa lalu.

BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap tenang namun waspada menghadapi gempa bumi.

Baca Juga: Keistimewaan Weton Jumat Wage Disegani Orang Sekitar, Berikut Watak, Jodoh, Karir dan Rezekinya

Petunjuk evakuasi dan langkah-langkah keselamatan saat gempa bumi perlu diingat dan diikuti oleh semua orang. BMKG juga mengimbau masyarakat untuk menghindari rumor atau informasi yang tidak jelas mengenai gempa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat