bdadinfo.com

Sering Banjir, Normalisasi Bantaran Sungai Batang Inderapura Pesisir Selatan Dipercepat - News

Sering Banjir, Normalisasi Bantaran Sungai Batang Inderapura Pesisir Selatan Dipercepat (Humas Pemprov Sumbar )

- Sering banjir saat diguyur hujan, normalisasi Bantaran Sungai batang Inderapura, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumbar dipercepat.

Normalisasi itu ditugaskan langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah kepada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumbar saat audiensi Wali Nagari Inderapura Barat, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan di Istana Gubernuran, Rabu, 31 Mei 2023.

Mahyeldi menugaskan Dinas PSDA untuk mempelajari permasalahan di Sungai Batang Inderapura.

Baca Juga: Normalisasi Kembali Kali Ciliwung, Jokowi Harap Rampung Akhir Tahun 2024

Menurut Mahyeldi, laporan dari masyarakat harus ditindaklanjuti supaya kebijakan yang diambil bisa menjadi solusi dan dilakukan kajian-kajian teknis.

"Kita ingin setiap tindakan tepat sasaran dan menjadi solusi bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Inderapura Barat, Rozi Adwan meminta Gubernur untuk menormalisasi bantaran Sungai Batang Inderapura yang sudah menyempit dan dangkal.

Baca Juga: Jokowi Sambangi Kali Ciliwung, Minta Pemprov DKI Selesaikan Normalisasi di Tahun 2024

Menurut Rozi, saat curah hujan tinggi sungai sering meluap dan mengancam pemukiman masyarakat di Kampung Tanjung Batang Kapas, Nagari Inderapura Barat.

Rozi menyebut, kondisi tersebut juga berpotensi mengancam pemukiman masyarakat di kampung Tanjung Medan Nagari Muara Sakai.

Menurutnya, bantaran sungai yang perlu di normalisasi tidak terlalu panjang. Namun pembangunannya sulit dilakukan pihak nagari karena keterbatasan anggaran dan kewenangan.

Mengingat permasalahan ini sangat urgen, Rozi selaku Wali Nagari berharap kepada pak Gubernur agar dapat membantu pembangunan normalisasi dalam waktu dekat.

"Permasalahan ini sangat urgen karena rumah warga terendam juga berdampak terhadap bangunan disekitarnya seperti sekolah dan Kantor Wali Nagari. Beberapa kali kantor kita juga ikut terendam akibat luapan sungai tersebut," ujarnya. (ADPSB)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat