bdadinfo.com

Jokowi Sambangi Kali Ciliwung, Minta Pemprov DKI Selesaikan Normalisasi di Tahun 2024 - News

PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Presiden Joko Widodo, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Memantau Proses Normalisasi di Kali Ciliwung Jakarta (Dok. Sekretariat Kabinet)

- Presiden Jokowi (Joko Widodo) menjenguk Kali Ciliwung bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI), yang mana masih dalam tahap pengerjaan normalisasi.

Didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Presiden meninjau langsung kondisi Kali Ciliwung yang sempat terhenti cukup lama.

Lokasi Presiden Jokowi saat meninjau Kali Ciliwung yakni dilakukan di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta Selatan pada 21 Februari 2023.

Baca Juga: Jelang Ramadhan dan Mudik Lebaran 2023, Pelabuhan Merak Jadi Salah Satu Titik Prioritas yang Dipersiapkan

Dilansir News dari laman resmi web Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa normalisasi Kali Ciliwung akan kembali dilanjutkan.

Sebelumnya tahapan normalisasi Kali Ciliwung sempat terhenti cukup lama. Presiden Jokowi berujar bahwa alasan terhentinya yakni karena harus melakukan pembebasan lahan terlebih dahulu untuk melanjutkan proses pembangunannya.

"Ada beberapa titik yang pembebasan lahannya sudah dirampungkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan dapat segera dimulai pembangunannya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," kata Jokowi, dikutip dari setkab.go.id pada 21 Februari 2023.

Baca Juga: Polemik Pembubaran Jemaat Gereja di Lampung, Ustaz Hilmi Firdausi: Saya Mengecam Hal Tersebut!

Kemudian ia menyebutkan ada satu daerah yang dimana sudah dilakukan pembebasan lahan untuk Kali Ciliwung.

“Setelah berhenti agak lama, ini akan segera kita mulai karena sudah ada beberapa titik yang sudah dibebaskan, misalnya di Rawajati, segera bisa dimulai konstruksinya oleh Kementerian PU,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Presiden juga menjelaskan bahwa sampai saat ini pengerjaan Kali Ciliwung tinggal tersisa sepanjang 17 kilometer.

Baca Juga: Kedapatan Mencuri Kotak Amal, Seorang Remaja di Bukittinggi Diamankan Warga

Kemudian ia memberikan target kepada Pemprov DKI untuk segera menyelesaikan pengerjaan normalisasi kali secara keseluruhan sampai akhir tahun 2024.

“Saya berikan target tadi, dalam dua tahun artinya akhir 2024, yang 17 kilometer itu Insya Allah selesai sehingga normalisasi sungai Ciliwung betul-betul rampung,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat