bdadinfo.com

Gubernur Sumbar Serahkan Sertifikat WBTB Kesenian Gandang Sarunai ke Wabup Solok Selatan  - News

Gubernur Sumbar Serahkan Sertifikat WBTB Kesenian Gandang Sarunai ke Wabup Solok Selatan 

- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menyerahkan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) kesenian Gandang Sarunai ke Wakil Bupati Solok Selatan (Wabup Solsel) Yulian Efi, Senin kemarin di Sawahlunto.

Kesenian Gandang Sarunai merupakan seni tradisi khas asal Solsel yang mendapatkan pengakuan WBTB Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Wabup Solsel, H Yulian Efi menyebutkan bahwa pengusulan dan penetapan WBTB ini merupakan upaya dalam pelestarian budaya khususnya di Solsel.

Baca Juga: Pemkab Solok Selatan Akan Permudah Perizinan Pelaku Usaha Guna Dongkrak Pertumbuhan Perekonomian 

"Masih banyak lagi keanekaragaman budaya yang perlu kita lestarikan, mari bersama-sama kita jaga agar tidak tergerus oleh zaman," kata Wabup.

Gandang Sarunai merupakan seni pertunjukan tradisional yang dimainkan secara bersama-sama menggunakan dua buah gendang 'bermuka dua' dan satu buah alat musik tiup yang disebut Sarunai.

Sebelum Gandang Sarunai, Solok Selatan telah memiliki dua seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai WBTB Indonesia, yakni Batombe dan Rabab.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat