bdadinfo.com

Predikat KLA 2023, Wako Hendri Septa Optimis Kota Padang Boyong Kategori Utama - News

Wako Padang Hendri Septa  dan Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa  bersama   Tim VLK  Evaluasi KLA Kementerian PPPA RI.  (Prokopim Pdg)

- Memegang predikat sebagai Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya selama lima tahun berturut-turut, Kota Padang di tahun ini optimis bisa meraih KLA untuk kategori Utama.

Hal itu dikemukakan Wali Kota Padang Hendri Septa saat menerima kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Kunjungan (VLK) Evaluasi KLA Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI yang dipimpin Kepala Biro SDM Kementerian PPA Elita Gafar di Kediaman Resmi Wali Kota, Jumat (16/6/2023) pagi.

Ikut hadir menyambut rombongan Tim VLK Evaluasi KLA yakni Plh Sekda Kota Padang Arfian, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa serta Kepala DP3AP2KB Eri Sendjaya dan sejumlah pimpinan OPD terkait di lingkup Pemko Padang.

Baca Juga: Perjelas Batas Koto Tangah dan Pauh IX, Wako Hendri Septa Fasilitasi KAN dan Ninik Mamak

Seperti diketahui, usai penyambutan Tim Verifikasi Lapangan langsung melakukan pengecekan dan update data pendukung di lapangan dalam rangka penilaian Kota Padang sebagai Kota Layak Anak Tahun 2023.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang kita sangat menyambut baik kehadiran Tim Verifikasi Lapangan KLA Kementerian PPPA kali ini. Selamat melakukan verifikasi lapangan, kita berharap insya Allah semoga Kota Padang kembali meraih Kota Layak Anak. Di tahun-tahun sebelumnya kita mampu meraih anugerah KLA kategori Nindya, semoga di tahun 2023 ini naik tingkat dengan menyabet kategori Utama," ujar Wali Kota Padang saat itu.

Wako Padang memaparkan, sebagai Kota Layak Anak kategori Nindya Pemko Padang melalui Gugus Tugas KLA dan stakeholder terkait terus berupaya meningkatkan capaian indikator penilaian Kota Layak Anak.

Antara lain seperti berusaha menjadikan fasilitas-fasilitas dan infrastruktur di Kota Padang menjadi layak anak. Baik sekolah, perkantoran pemerintah, puskesmas, taman, tempat perbelanjaan serta rumah ibadah termasuk menghadirkan gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center sebagai pusat kreatifitas bagi para generasi muda.

"Semua ini kita lakukan bukan untuk penilaian semata, tapi menginginkan Kota Padang menjadi kota layak anak yang ramah dan selalu memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak," ungkap pemimpin Kota Padang itu bersemangat.

Pada saat yang sama mewakili Tim VLK Evaluasi KLA Kementerian PPPA, Kepala Biro SDM Kementerian PPA Elita Gafar menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Wali Kota Padang dan jajaran serta Ketua TP-PKK Kota Padang yang menyambut dengan hangat kehadirannya bersama tim di Kota Padang.

"Hal ini menunjukkan komitmen Kota Padang dalam pemenuhan hak anak. Kita juga mengapresiasi kepada Pemko Padang melalui Gugus Tugas KLA yang sebelumnya telah melakukan evaluasi KLA secara mandiri melalui aplikasi KLA berbasis Web," ungkapnya.

Ia menjelaskan, penyelenggaraan KLA merupakan amanat Undang-undang (UU) No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan UU No. 23 Tahun 2022 tentang Perlindungan Anak.

Baca Juga: Wako Hendri Septa Gerak Cepat Sosialisasikan Program KUR Kementan kepada Petani

"Dalam penyelenggaraan KLA dilakukan lima tahapan yaitu mulai dari tahap Perencanaan KLA, Pra KLA, Pelaksanaan KLA serta Evaluasi KLA dan Penetapan Peringkat KLA. Saat ini kita berada dalam tahap Pelaksanaan KLA Tahun 2023 dan Tahap Evaluasi KLA atas pelaksanaan KLA tahun 2022," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat