bdadinfo.com

Komisi V DPR RI: Andre Rosiade Inisiasiator Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik dengan Konsep KPBU - News

Komisi V DPR RI menyebut Andre Rosiade inisiasiator pembangunan fly over Sitinjau Lauk dengan konsep KPBU.

Anggota Komisi V DPR RI, Sumail Abdullah mengatakan bahwa pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik pertama kali diinisiasi atau diaspirasi oleh Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade asal Dapil Sumatra Barat (Sumbar) dengan konsep KPBU (Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha).

Hal tersebut disampaikan Sumail usai melakukan peninjauan khusus dan spesifik progres pembangunan Sitinjau Lauik, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

"Pembangunan (Flyover Sitinjau Lauik) ini merupakan sebuah mega proyek yang didapatkan masyarakat Sumbar. Itu pertama kali diinisiasi atau diaspirasi dan sekaligus digaungkan oleh Andre Rosiade dari Fraksi Partai Gerindra, Dapil Sumbar-1," kata Sumail usai melakukan peninjauan, Kamis (22/6/2023) siang.

Baca Juga: Update Fly Over Sitinjau Lauik, Andre Rosiade: Menunggu Persetujuan Izin Prakarsa

Sumail mengatakan, progres atau perkembangan terkini pembangunan jembatan layang Sitinjau Lauik sudah masuk kepada tahapan penyelesaian dokumen Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

"Terus kemudian beberapa (dilengkapi) untuk Rancang Bangun Rinci atau Detail Engineering Design (DED) dilakukan. Pembangunan (Fly Over Sitinjau Lauik) ini merupakan sebuah mega proyek yang didapatkan masyarakat Sumbar," katanya.

Dengan keberadaan Fly Over Sitinjau Lauik, Sumail menyebut akan menghasilkan sejumlah dampak positif dari sejumlah sisi.

“Harapannya ke depan, tentu secara ekonomi, sosial, dan secara lingkungan tentu berdampak, secara ekonomi tentu akan memberikan perhatian (efisiensi biaya) kepada operasional kendaraan," katanya.

"Kemudian, menimbulkan pertumbuhan ekonomi di sini. Secara sosial, mengurangi kemacetan, (meminimalisir), terus kemudian dampak kecelakaan yang selama ini kita dengar, bahwa hampir tiap hari terjadi kecelakaan yang menimpa di daerah sini," sambung pria berdarah Sumatera Selatan (Sumsel) itu.

Kedatangan Komisi V DPR RI, kata Sumail, untuk memastikan agar Fly Over Sitinjau Lauik harus segera dibangun oleh pemerintah.

"Karena memang negara harus hadir terhadap penyelenggaraan transportasi yang memberikan dampak ekonomi dan keselamatan seluruh warga yang ada, terutamanya yang berdomisili di Sumbar, menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok," katanya.

Saat ini, kata Sumail, pembangunan Fly Over Sitinjau bisa dilakukan setelah mendapatkan persetujuan atau izin prakarsa.

"Progres tinggal menunggu persetujuan prakarsa saja, setelah itu lelang, dan kemudian dibangun. Izin prakarsa tentunya dari beberapa stakeholders dan pemerintah, karena sebagai penyelenggara utama (pemerintahan), seperti itu," katanya.

Baca Juga: Diminta Andre Rosiade, Pertamina Gelar Operasi Pasar Gas 3 Kg di Agam

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat