bdadinfo.com

Puluhan Peternak Sapi Agam Ikuti Bimtek Budidaya Ternak dan Pakan Alami di BPTU-HPT Padang Mengatas - News

Puluhan Peternak Sapi Agam Ikuti Bimtek Budidaya Ternak dan Pakan Alami di BPTU-HPT Padang Mengatas (amcnews.co.id)

 - Sejumlah peternak sapi dari berbagai kelompok ternak di Kabupaten Agam mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ternak dan Pakan Alami yang difasilitasi oleh Dinas Pertanian Agam. 

Kegiatan ini berlangsung di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas pada Kamis, 13 Juli 2023.

Kehadiran puluhan peternak sapi tersebut bertujuan untuk mempelajari praktik budidaya ternak yang baik serta pembuatan pakan awetan. 

Baca Juga: Peternak di Agam Didorong Manfaatkan Pakan Alami Secara Optimal

Kepala UPT Balai Pelaksana Penyuluh Pertanian (BP3) Agam, M. Tasrif Sartana, menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah agar peternak dapat melihat langsung cara yang tepat dalam budidaya ternak.

"Mengajak peternak dari Agam untuk mengunjungi BPTU-HPT Padang Mengatas ini diharapkan dapat memberikan banyak pembelajaran tentang pembuatan pakan. Lebih lanjut, peternak kita juga diharapkan dapat mempraktekkannya di tempat masing-masing," ujar M. Tasrif Sartana.

Dalam kesempatan tersebut, M. Tasrif Sartana menjelaskan bahwa peternak yang ikut dalam kunjungan ini berasal dari berbagai kelompok ternak di Agam. Kegiatan bimbingan teknis ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan sumber daya peternak di kabupaten tersebut.

Baca Juga: Sultan Minta Pemerintah dan KPPU Jawab Tuntutan Keadilan dalam Persaingan Usaha Peternak Ayam Rakyat

Tasrif Sartana mengatakan bahwa Bimtek ini berlangsung selama dua hari, Hari pertama dilaksanakan sesi teori di Sikabu, Nagari Koto Tuo, kemarin (Rabu, red), dan kunjungan serta praktek lapangan ini merupakan hari kedua dari Bimtek

Sementara itu, Subkoordinator Informasi dan Jasa Produksi (IJP) BPTU-HPT Padang Mengatas, Multiviza Muslim, menjelaskan bahwa BPTU-HPT merupakan pusat penghasil bibit sapi unggul. 

Di sana, dikembangkan beberapa jenis sapi potong, seperti rumpun simental, Belgian Blue, Limosin, dan Sapi Pesisir.

ultiviza Muslim berpendapat bahwa Saat ini, BPTU-HPT Padang Mengatas memiliki populasi sapi potong sebanyak 1.300 ekor lebih. Selain beternak sapi, kami juga mengembangkan pakan hijauan ternak

Dijelaskan lebih lanjut, jenis hijauan yang dikembangkan sebagai pakan ternak di BPTU-HPT Padang Mengatas antara lain bracharia decumben (BD), yang cocok untuk ternak yang dilepas di padang pengembalaan, serta rumput gajah yang sesuai untuk sapi yang dikandangkan. 

Selain itu, BPTU-HPT juga mengembangkan jenis hijauan lain seperti kacang aracis, panicum maximum, dan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat