bdadinfo.com

Wah, Sastrawan Terkenal Padang Ini Ternyata Pernah Terlibat di News - News

Rusli Marzuki Saria (YouTube Ruang Kerja Budaya)

 - Perkembangan dunia literasi di Indonesia tentunya tidak terpisahkan dari berbagai unsur dan bentuk, seperti karya sastra hingga media massa.

Beberapa sastrawan di Indonesia berhasil mengembangkan kemampuan literasi lewat pemikiran dan tulisan mereka yang dibagikan kepada masyarakat.

Salah satu sastrawan Indonesia yang cukup memberi perubahan terhadap hal tersebut adalah Rusli Marzuki Saria, yang berasal dari Padang.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Inilah 3 Mall Populer di Padang, Sumatera Barat: Nomor 2 Banyak Brand-Brand Ternama loh

Rusli Marzuki Saria merupakan sastrawan terkenal yang cukup disegani di Padang, dimana karya-karyanya sangat berpengaruh kepada sastra di sekitar wilayahnya hingga seluruh Indonesia.

Dalam usianya sudah hampir 90 tahun, ia masih aktif dalam komunitas sastra dan membuat beberapa karya sastra berdasarkan keadaan yang sedang terjadi.

Ia memiliki kemampuan dalam menceritakan perjalanan hidup dan karirnya, serta bersemangat dalam diskusi mengenai isu apapun.

Baca Juga: Resep Sate Padang: Kelezatan Sate Khas Sumatera Barat, Tertarik Mencoba?

Selain keterlibatannya dalam dunia sastra yang membuatnya disegani di Padang, ia ternyata juga pernah memiliki jabatan penting di News.

Ia dilahirkan pada 26 Februari 1936 di Kamang, Kabupaten Agam, dan sejak muda sudah menunjukkan potensinya terhadap dunia sastra.

Dilansir dari situs MPN Kominfo, ia sudah aktif dan menulis esai hingga puisi ketika sedang menimba ilmu di SMA Bukittinggi.

Karya-karyanya yang dibuat pada tahun 1956 tersebut berhasil mendapat perhatian dan masuk di media massa Padang yaitu News.

Ia sempat terlibat dalam kompi mahasiswa Mawar yang tergabung dalam Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia, dimana kelompok tersebut bertentangan dengan pemerintah.

Setelah masa tersebut berakhir, ia meneruskan kiprahnya di kota Padang dan sejak saat itu mulai aktif menulis di beberapa media lokal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat