bdadinfo.com

Solok Sumatera Barat masuk Daerah Miskin di Sumbar: Angka Kemiskinan selama 3 Tahun Terakhir Naik Turun - News

Potret icon Kabupaten Solok (Wikipedia)

- Kabupaten Solok yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, telah lama menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat dalam upaya mengatasi masalah kemiskinan.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa Kabupaten Solok masuk dalam kategori kabupaten miskin di Sumatera Barat.

Namun, upaya untuk mengatasi kemiskinan terus dilakukan dengan tekad dan kerja keras untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Djamluddin Adinegoro: Tokoh Sumbar menjadi Pelopor Jurnalistik di Indonesia

Menurut data terbaru dari BPS, presentase kemiskinan di Kabupaten Solok pada tahun 2022 mencapai 7,12 persen.

Hal ini menunjukkan adanya penurunan angka kemiskinan dibandingkan dengan tiga tahun sebelumnya.

Pada tahun 2019, angka kemiskinan mencapai 12,49 persen jiwa, kemudian menurun menjadi 12,39 persen jiwa pada tahun 2020.

Baca Juga: Hingga Akhir Semester I 2023, Total Kredit yang Disalurkan Bank Nagari Cabang Painan Rp1,132 Triliun

Namun, pada tahun 2021, angka kemiskinan naik menjadi 17,60 persen jiwa.

Angka kemiskinan yang fluktuatif selama tiga tahun terakhir ini menandakan bahwa upaya untuk mengatasi kemiskinan di Kabupaten Solok masih memerlukan perhatian dan langkah-langkah yang lebih tepat.

Faktor-faktor seperti keterbatasan akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja menjadi tantangan yang harus dihadapi.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Sapi, Kejati Sumbar Layangkan Panggilan Terakhir pada Tiga Tersangka

Pemerintah daerah dan pihak terkait diharapkan berkomitmen untuk mengatasi masalah kemiskinan dengan berbagai program dan kebijakan yang dilaksanakan.

Program-program bantuan sosial, pelatihan kerja, dan pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat