bdadinfo.com

Mengungkap Sejarah Panjang PT Semen Padang: Sampai 10 Kali Ganti Logo! - News

Transformasi logo PT Semen Padang.  (dok. PT Semen Padang)

- PT Semen Padang (PTSP) merupakan Perusahaan semen pertama di Indonesia. Perusahaan ini memiliki sejarah yang begitu panjang dan penuh perubahan logo hingga mencapai bentuknya saat ini.

Berdiri kokoh sejak tanggal 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM), perjalanan PT Semen Padang bermula dari pembangunan pabrik semen pertama di Indonesia, tepatnya di Indarung, hanya 15 km di timur kota Padang.

Di balik kesuksesannya, PT Semen Padang tak luput dari banyak momen penting, seperti sejarah yang dijelaskan di laman resmi perusahaan, dilansir Rabu, 26 Juli 2023.

Baca Juga: Gratis! Bersantai sambil Menikmati Suasana Kota Padang di Taman Imam Bonjol: Tujuan Pas untuk Berpiknik

Salah satu momen penting adalah nasionalisasi PT Semen Padang oleh Pemerintah Republik Indonesia dari Pemerintah Belanda yang terjadi pada tanggal 5 Juli 1958.

PT Semen Padang menuangkan inovasi dengan melakukan transformasi pengembangan kapasitas pabrik dari teknologi proses basah menjadi proses kering.

Inovasi ini terwujud dalam keberhasilan pembangunan pabrik Indarung II, III, dan IV yang kini mengukir prestasi gemilang di industri semen.

Baca Juga: Gagal di Negeri? Yuk Coba Cek Rekomendasi 4 SMP Swasta Terbaik di Padang Sumatera Barat, Gak Kalah Bagus!

Perjalanan PT Semen Padang juga mengalami perubahan kepemilikan saham. Pada tahun 1995, kepemilikan saham PT Semen Padang dialihkan ke PT Semen Gresik (Persero) Tbk, seiring dengan pengembangan pabrik Indarung V.

Saat ini, mayoritas saham PT Semen Padang berada di bawah kepemilikan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dengan 99,99%, dan Koperasi Keluarga Besar Semen Padang dengan 0,01%.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sendiri mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia sebesar 51,01%, sementara sisanya, 48,09% dimiliki oleh publik. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk juga sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Baca Juga: Adu Tajir 6 Kepala Daerah Wanita di Era Jokowi, Nomor 3 Kekayaannya Nggak Ada Obat!

Tidak hanya itu, perubahan logo PT Semen Padang seiring berjalannya waktu juga mencerminkan transformasi perusahaan dari masa ke masa. Tercatat, perusahaan telah mengganti logo sebanyak 10 kali.

Dari logo berbentuk bulat dengan dua lingkaran besar dan kecil, yang menampilkan tulisan "Sumatra Portland Cement Works" dan singkatan N.I.P.C.M menggambarkan pabrik semen di Indarung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat