bdadinfo.com

Rendang Paru, Sajian Jeroan Khas Padang yang Mendunia Sampai Masuk Rekor Dunia - News

Potret Rendang Paru (SajianLezat.com)

- Rendang, masakan khas Padang yang telah menjadi maskotnya kuliner Nusantara, kembali mencuri perhatian dunia. 

Kelezatannya yang mendunia telah membawanya meraih gelar makanan terenak peringkat pertama dalam World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International. 

Koki selebriti sekaliber Gordon Ramsay pun tak luput dari rasa penasaran akan cita rasa eksotis dari Rendang.

Baca Juga: Menggali Jejak Sejarah Karupuak Sanjai, Oleh-Oleh Khas Bukittinggi yang Menggoda Lidah

Jika Anda telah menyantap rendang daging berkali-kali, mungkin saatnya untuk mencoba alternatif lauk makan siang di warung Padang favorit Anda, yaitu rendang paru.

Berbeda dengan jenis jeroan lainnya, bagian paru-paru sapi cenderung lebih dapat diterima oleh banyak orang, terutama saat diolah menjadi rendang. 

Namun, perlu diingat bahwa bagi mereka dengan kolesterol tinggi, tetap berhati-hatilah saat menikmati sajian jeroan sapi ini.

Baca Juga: Sekilas Terlihat Biasa, Ternyata Jembatan Limpapeh Bukittinggi Memberikan Sensasi Tersendiri saat Melintasinya

Tidak hanya dari segi rasa, namun perjalanan sejarah rendang hingga menjadi warisan budaya dari Nusantara untuk dunia juga merupakan hal menarik untuk diamati. 

Kata "rendang" berasal dari Bahasa Minang, yaitu "randang," yang mengacu pada teknik memasak lambat yang disebut "marandang."

Proses memasak rendang dilakukan dalam waktu lama dengan api kecil di atas kayu bakar hingga masakan menjadi kering.

Baca Juga: Uniknya Soto Padang, Sajian Gurih Berawal dari Akulturasi Budaya di Sumatera Barat

Penggunaan santan dalam sajian khas Minangkabau memiliki kaitan erat dengan budaya India. 

Sebuah jurnal yang ditulis oleh Muthia Nurmufida dan kolega berjudul "Rendang: The Treasure of Minangkabau," menyebutkan bahwa rendang adalah hasil dari perpaduan budaya masyarakat Minangkabau dengan pedagang India yang membawa hidangan kari khas mereka ke Indonesia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat