bdadinfo.com

Tuntut Pembatalan Rencana PSN, Ratusan Warga Air Bangis Pasaman Barat Geruduk Kantor Gubernur Sumbar - News

Ratusan masyarakat dari masyarakat Nagari Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, mengelar aksi di kantor Gubernur Sumbar, Senin 31 Juli 2023. (harianhaluan.com - Jefrimon)


- Ratusan masyarakat dari masyarakat Nagari Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, mengelar aksi di kantor Gubernur Sumbar, Senin 31 Juli 2023.

Pantauan hariahaluan.com, ratusan masyarakat tersebut menggelar aksi untuk menuntut Gubenur Sumbar Mahyeldi membatalkan rencana Proyek Strategis Nasional (PSN) dan konflik Agraria di Nagari Air Bangis.

Korlap aksi, Haris Ritoga (36) mengatakan kedatangan mereka untuk menemui Gubenur Sumbar Mahyeldi Ansharullah untuk segera menyelesaian konflik yang terjadi di daerahnya.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Ditargetkan Selesai Tahun 2024, Ada Tol Padang Pekanbaru?

Menurutnya mereka, saat ini permasalahan yang terjadi disana sudah cukup konkret.

"Konflik di daerah kami ini sudah sangat lama terjadi dan juga sudah banyak masyarakat yang ditangkap oleh Polisi. Namun penyelesaian juga tidak ada dari pemerintahan," ujar Haris Ritoga.

"Kami sangat perlu penyelesaian dari pemerintah. Agar dalam beraktivitas kami tidak takut lagi ditangkap oleh polisi," tambahnya.

Baca Juga: 6 Suku Paling Sakti dan Terkuat Indonesia yang Ditakuti Negara Asing, Salah Satunya Ada di Sumatera

Ia menjelaskan konflik Agraria terjadi di Air Bangis tersebut telah terjadi semenjak tahun 2016 yang sudah puluhan masyarakat ditahan saat melakukan aktivitas disana.

"Saat ini ada 700 KK yang bermungkin di kawasan hutan produksi itu rata-rata petani sawit yang saat masuk musim panen banyak masyarakat yang takut ketika melakukan panen di kebun ia sendiri. Terbaru ini ada dua warganya ditahan karena melakukan aktivitas panen di hutan kawasan produksi," ungkapnya.

Sampai berita ini diturunkan massa aksi dari masyarakat Air Bangis tersebut masih menunggu Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menemui mereka. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat