bdadinfo.com

Liburan Instagenic di Aua Serumpun, Destinasi Wajib Dikunjungi di Tanah Datar - News

Destinasi wisata Aua Sarumpun di Tanah Datar, Sumatera Barat   (Instagram @auaserumpunofficial)





- Aua Serumpun merupakan salah satu destinasi wisata alam unggulan yang berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Puncak Aua Sarumpun sendiri termasuk geopark kawasan perbukitan yang di bawahnya terdapat pemandangan danau Singkarak yang indah.

Aua Sarumpun di Tanah Datar ini memiliki bentang alam yang luas dengan ditumbuhi daun ilalang yang tinggi menyerupai bukit teletubies.

Baca Juga: Ini 10 Danau Paling Mempesona di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumatera Barat

Dilansir dari indonesiatraveler.id pada 5 agustus 2023, untuk sampai ke puncak belum ada akses kendaraan umum sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi.

Pesona Aua Sarumpun

Rekomendasi waktu untuk mengunjungi bukit ilalang ini adalah di siang hari. Karena pemandangannya yang menakjubkan akan terlihat jelas.

Selain itu, akses yang terbilang cukup terjal dengan bebatuan di sepanjang jalannya akan menyulitkan jika dikunjungi pada malam hari.

Baca Juga: Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi, DPRD Kota Padang Setujui KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024

Pengunjung juga disarankan untuk datang pada saat musim kemarau. Karena di musim penghujan, jalanan akan licin.

Dari atas puncak, bisa menyaksikan pemandangan tiga gunung sekaligus yaitu Gunung Sago, Singgalang, dan Merapi.

Tak hanya sampai di situ, pesona keindahan Danau Singkarak dari atas puncak juga seperti melihat keindahan kolam raksasa yang airnya tenang dengan perbukitan di sekitarnya.

Jika di pagi hari, matahari terbit akan muncul malu-malu dari bukit sekitar dan cahaya keemasan berpendar di puncak Aua Sarumpun ini.

Baca Juga: Pesisir Selatan Lakukan Persiapan Hadapi Penilaian Kabupaten Sehat

Spot Pohon Menyendiri

Ada salah satu spot yang cukup viral dan menyita perhatian banyak pengunjung. Mereka memberi nama spot pohon menyendiri karena hanya ada satu pohon unik yang berdiri di sana.

Jika ingin ke spot tersebut, pengunjung harus kembali ke jalan utama dan tidak jauh dari situ akan menemukan sebuah bukit yang hanya ditumbuhi satu pohon rindang.

Banyak wisatawan yang mengabadikan momennya di sana. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang membutuhkan udara segar dan sejuk jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Monyet Kedih, Satwa Endemik Asli Sumatera Utara yang Selalu Terlihat Sedih

Terdapat Homestay dan Kuliner Lokal

Menurut informasi yang dapatkan dari portal jadesta.kemenparekraf.go.id, di puncak Aua Sarumpun juga menyediakan dua buah homestay dengan kolam renang yang aman untuk anak-anak, remaja, dan dewasa.

Termasuk kawasan geopark Tanah Datar, Aua Sarumpun juga memiliki fasilitas wahana flying fox yang berbeda dengan yang lain.

Di sana juga bisa sambil menikmati sajian makanan lokal berupa buah kuini (percampuran mangga dan bacang) dan ragam olahan dari ikan bilih maupun ikan sasau, ikan khas Danau Singkarak. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat