bdadinfo.com

Orang Sumatera Barat ini Sering Terlupakan Padahal Jasa dan Perannya Luar Biasa untuk RI, Jenderal TNI lagi - News

Ilustrasi prajurit TNI (Dok: Kibrispdr)

 

- Sejarah kemerdekaan Republik Indonesia tidak terlepas dari peran sejumlah tokoh yang berasal dari Sumatera Barat. Seperti halnya yang kita ketahui Mohammad Hatta, KH. Agus Salim merupakan dua diantaranya.

Meski demikian, orang-orang dari Sumatera Barat yang memberikan jiwa dan raganya untuk negara jumlahnya begitu banyak. Sayang sekali sejumlah tokoh tersebut tidak dikenang oleh masyarakat layaknya beberapa tokoh kenamaan.

Berikut empat nama orang Sumatera Barat yang namanya sering terlupakan padahal memiliki jasa dan peran yang luar biasa untuk Indonesia, dimana satu diantaranya merupakan Jenderal TNI.

Baca Juga: Selain Keturunan Sumatera Barat, Mantan Ibu Negara RI ini juga Darah Daging Tokoh Muhammadiyah, ini Faktanya

  1. Mohammad Natsir

Pria yang lahir di Alahan Panjang, Kab. Solok ini merupakan salah satu tokoh Sumatera Barat yang dikenal memiliki keteguhan terkait ideologi Islamnya ini. 

Bahkan, saking kuatnya pemahaman ideologi Islamnya, beliau dikabarkan sempat bersitegang dengan Presiden Soekarno.

Semasa hidup, Mohammad Natsir menduduki sejumlah jabatan penting. Seperti usai menggantikan Mohammad Hatta, ia terpilih menjadi perdana menteri serta presiden liga muslim seluruh dunia (World Muslim Congress).

Tidak hanya itu, Natsir juga merupakan Ketua Dewan Masjid Seluruh Dunia.

Baca Juga: Capai Rp9 Triliun! Jepang Siap Buat 3 Terowongan di Sumatera Barat, Mewah dan Mahal Tapi Ada Alasannya

  1. Abdoel Rivai

Beliau merupakan putra Sumatera Barat yang lahir di Palembayan Agam yang berprofesi sebagai dokter dan wartawan. Ia merupakan pewarta pertama Indonesia yang menerbitkan surat kabar berbahasa Melayu dari Eropa.

Atas jasanya, Abdoel Rivai dianugerahi penghargaan sebagai Perintis Pers Indonesia pada tahun 1974 oleh Pemerintah Indonesia.

  1. Chaerul Saleh

Pria yang juga memiliki gelar Datuak Panduko Rajo ini lahir di Sawahlunto, Sumatera Barat. Ia merupakan tokoh politik yang pernah menduduki sejumlah jabatan penting dalam pemerintahan.

Baca Juga: Cantiknya Kuala Lumpur Ternyata Hasil Rancangan Putra Daerah Sumatera Barat, Orangnya punya Gelar Ksatria!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat