bdadinfo.com

Kisah Mohammad Natsir, Pahlawan Sumbar yang Berjasa dalam Dakwah Islam di Indonesia - News

Sosok Pahlawan asal Sumbar yaitu Mohammad Natsir (Yayasan Cipta Selecta Jakarta)

- Masih dalam suasana HUT ke-78 Republik Indonesia, tentunya menarik untuk kembali membahas beberapa pahlawan yang berjasa.

Provinsi Sumbar mempunyai banyak sekali tokoh yang memiliki jasa baik bagi daerah maupun negara Indonesia, seperti Mohammad Natsir.

Mohammad Natsir adalah sosok yang cukup terpandang di Indonesia berkat jasa-jasanya dalam penyebaran agama Islam lewat dakwah.

Baca Juga: Tuanku Tambusai, Pahlawan Asal Sumatera yang Dikenal Gigih Mendalami Ajaran Islam

Ia lahir di Alahan Panjang, Sumbar, pada tanggal 17 Juli 1908 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 6 Februari 1993.

Dilansir dari buku Cinta Pahlawan Nasional Indonesia karya Pranadipa Mahawira, kecintaannya terhadap agama Islam sudah terlihat sejak ia masih berada di bangku sekolah.

Ia dikenal cukup cerdas dan berhasil lulus sekolah dengan nilai yang memuaskan, sehingga tawaran seperti beasiswa hingga pegawai pemerintah sempat akan diberikan kepadanya.

Baca Juga: Pencari Kerja di Sumut Merapat Yuk! Indonesia Career Expo Medan Hadir untuk Kamu

Namun, ia memutuskan untuk menolak keduanya dan memilih jalannya sendiri, yaitu menyebarkan ajaran agama Islam melalui dakwah.

Namanya sendiri dikenal sebagai tokoh penting dalam perkembangan dakwah agama Islam di Indonesia dan mendirikan organisasi bernama Dewan Dakwah Islamiah Indonesia.

Ia juga pernah mendapatkan jabatan strategis di tingkat internasional, seperti Presiden Liga Muslim Sedunia hingga Ketua Dewan Masjid Sedunia.

Baca Juga: Peringatan HUT RI, Wali Kota Pariaman Berikan Penghargaan dan e-KTP Bagi Warga Berusia 17 dan 78 Tahun

Ketika terjun ke dunia politik pada tahun 1930an, ia memutuskan untuk bergabung dengan Partai Islam Indonesia.

Ia juga diketahui pernah menjadi ketua dari salah satu partai berpengaruh di Indonesia saat itu yaitu Masyumi, sejak 1945 hingga bubar pada 1960.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat