bdadinfo.com

Satu Juta Guru jadi ASN PPPK, Guru Honorer: Semoga Itu Betul Kado Terindah dari Kemdikbudristek - News

Menteri Nadiem Bilang 1 Juta Guru jadi ASN PPPK, Guru: Semoga Itu Betul Kado Terindah dari Kemdikbudristek

- Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November 2022. Momentum ini banyak dijadikan sebagai hari untuk mengenang dan mensyukuri akan jasa guru.

Melalui Hari Guru Nasional ini, lebih baik dijadikan hari untuk memberikan kesempatan bagi guru mengutarakan keinginannya. Nah di Hari Guru Nasional ini, guru berharap ada kado terbaik dari Kemenristekdikti seperti yang disampaikan Menteri Nadiem soal satu juta guru honorer jadi ASN PPPK.

Selalu dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Walaupun sebenernya pernyataan ini masih dipertanyakan. 

Baca Juga: Hingga Siang Ini Gempa Susulan Masih Guncang Cianjur, Total Sudah 236 Kejadian

Karena guru adalah orang yang memberikan jasa, yang namanya jasa harus kita bayarkan, karena ada nilai dan manfaat.

Di sisi lain, salah satu menjadi persoalan guru ialah pengangkatan status guru honorer. Terutama untuk mereka yang sudah mengabdi lebih dari tiga tahun, bahkan lebih.

"Guru berharap betul kalau misalnya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) khusus untuk guru-guru, atau diadakan untuk guru-guru yang sudah lama menjadi guru , yang tiga tahun lebih sedangkan aku sudah lima tahun lebih jadi guru," ungkap Dinda Suheri, salah satu guru honorer, saat dihubungi oleh , Jumat 25 November 2022.

Baca Juga: Anies Anak Didik Politik Jusuf Kalla, Ajarkan Baik ke Megawati: Jangan Seperti SBY

Sebanyak 30 guru honorer di SMK Negeri 1 Kerinci, Kabupaten Palalawan, Riau berharap akan adanya test khusus kenaikan pangkat minimal ke PPPK di daerah yang berdekatan dengan tempat mereka mengajar. Tanpa harus ada persyaratan relokasi tempat mengajar.

Guru yang mengajari Kesenian ini juga menyebutkan sebenernya tahun lalu ada ujian untuk status guru. Tapi, itu diadakan jauh dari daerah tempat tinggalnya, yaitu di Bangkinang, dan bisa jadi ketika lulus akan direlokasi atau pindah tugas.

Hal itu membuatnya ragu, mengingat ia sudah berkeluarga. Mata pencariannya sudah terbangun di daerah itu.

Baca Juga: YBM PLN Gandeng Pemprov Sumbar Salurkan 200 Kg Rendang untuk Korban Gempa Cianjur

Pada kesempatan Hari Guru Nasional, Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Mendikbudristek, Nadiem Makarim membicarakan janjinya di depan 700 perserta lebih yang menghadiri upacara Hari Guru.

"Kita semua harus bergotong royong agar target kita, yakni satu juta guru diangkat sebagai ASN PPPK dapat segera terwujud," kata Mendikbudristek, sebagaimana dikutip oleh melalui Youtube Kemendikbud RI, Jumat 25 November 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat