bdadinfo.com

Kota Pariaman Terima Penghargaan Gerakan Smart City 2022 dari Kementerian Kominfo - News

Saat Wali Kota Pariaman, Genius Umar menerima penghargaan Gerakan Smart City 2022.

PARIAMAN, - Kota Pariaman meraih Penghargaan Gerakan Smart City 2022, di Jakarta, Kamis 1 Desember 2022. Penghargaan dari Kementerian Kominfo tersebut diserahkan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika), Semuel Abrijani Pangerapan kepada Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

Penyerahan pada acara Seminar dan Pameran Gerakan Memuju Smartcity 2022.

Smart City bagi Kota Pariaman, merupakan misi ke 3 Kota Pariaman Periode 2018-2023.

Sesuai dengan misi yang dituangkan dalam RPJMD Kota Pariaman 2018 – 2023 adalah Mewujudkan Pemerintahan Yang Prima untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik berbasiskan Smart City, kata Genius Umar.

Baca Juga: Bank Nagari Terima Penghargaan ASR sebagai Bank Daerah dengan Pembiayaan UMKM Terbaik

Penghargaan yang diraih atas capaian penyelesaian penyusunan dokumen Masterplan Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Tahun 2022 ini, Kota Pariaman mendapatkan pendampingan dan pembimbingan penyusunan masterplan Smart City dari Kementrian Kominfo RI.

Kegiatan diikuti oleh semua OPD dengan pola bimbingan teknis 4 kali, dan apa yang dituangkan pada masterplan, sudah sejalan dengan visi-misi pembangunan di Kota Pariaman.

Dengan selesainya penyusunan masterplan Smart City Kota Pariaman, kita akan mendorong seluruh OPD untuk melahirkan inovasi - inovasi cerdas, dan memastikan apa yang telah di rancang dalam master plan dapat terlaksana dengan baik.

Keberhasilan tersebut, tidak terlepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan di Kota Pariaman yang sejak awal bersama-sama berkomitmen memajukan Kota Pariaman, khususnya bagaimana mewujudkan Smart City di kota tersebut.

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo RI, Samuel Abrijani Pangerepan dalam sambutannya katakan, untuk mendorong penerapan dan pengembangan smart city melalui Gerakan Menuju Smart City, Kementerian Kominfo fokus pada enam pilar.

Ke enam pilar itu, smart governance, smart infrastructure, smart economy, smart living, smart people dan smart environtment.

Dalam mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia, Kementerian Kominfo lakukan proses pembimbingan dan pendampingan kepada pemerintah kota dan kabupaten yang terpilih dalam membuat rencana induk atau master plan pembangunan smart city. (*)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat