bdadinfo.com

19 Kasus DBD di Kota Pariaman Selama Januari 2013 - News

Fogging salah satu untuk memberantas nyamuk dalam mencegah DBD.




- Dalam Januar 2023, ada 19 kasus iDemam Berdarah Dengue (DBD)  di Kota Pariaman, dua orang meninggal akibat penyakit tersebut dan daerah ini kembali berstatus dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD.

"Dalam Januari 2023 ini ada 19 kasus DBD dan diketahui dua orang meninggal akibat penyakit ini," Kata Kepala bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Rio Arisandi kepada , Rabu 1 Februari 2013.

Perbandingan Kasus DBD Januari 2023 dengan bulan yang sama setahun lalu, Januari tahun ini ada 19 kasus dan tahun lalu 32 kasus DBD.

Kasus DBD  pada Januari 2023 itu dipicu factor peegantian cuaca, hujan sering turun dan kondisi ini turut memudahkan nyamuk bersarang dan berkembang biak.

Baca Juga: DPM PTSP dan Tenaga Kerja Kota Pariaman Targetkan Investasi Rp47 Miliar Tahun Ini

Tahun lalu daerah ini juga berstatus KLB DBD dengan 213 kasus dan dua orang meninggal dunia.

Terkait pencegahan DBD, pihak Dinkes Kota Pariaman melaksanakan fogging di areal yang terjangkit DBD.

Salain itu memperkuat sosialisasi pencegahan DBD ke masyarakat melalui Puskesmas dan Bidan Desa, juga melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bersama dengan masyarakat dan bergotong royong dalam membersihkan lingkungan.

Terkait kegiatan foging, tahun ini,  hanya  ada 70 kali fogging, setahun ini, namun bisa dianggarkan kembali jika kasus membengkak, kata dia. (*)


Terkini Lainnya

Tautan Sahabat