bdadinfo.com

7 Mega Proyek Presiden Jokowi yang Harus Selesai Sebelum 2024 atau Risiko Akan Mangkrak Selamanya - News

Bendungan Sematok

 

- Presiden Joko Widodo telah memperlihatkan tekadnya untuk memajukan infrastruktur dan ekonomi Indonesia. Sayangnya, masa jabatan Presiden Jokowi akan berakhir pada tahun 2024.

Hal ini mengundang keprihatinan, terutama karena masih ada sejumlah mega proyek Presiden Jokowi senilai triliunan rupiah yang belum terselesaikan.

Pemerintah saat ini berusaha keras untuk memastikan proyek-proyek Presiden Jokowi tersebut rampung sebelum tahun 2024. Mari kita bahas beberapa proyek fantastis yang harus segera selesai:

Baca Juga: Eryanson Resmi Jabat Wali Nagari Kamang Hilia, Bupati Agam Mendukung Transformasi Nagari

1. Bendungan Purworejo

Dua Bendungan besar sedang dalam tahap pengerjaan, salah satunya adalah Bendungan Purworejo di Jawa Tengah.

Bendungan ini akan menjadi yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 159 meter, panjang timbunan 543 meter, dan lebar 290 meter.

Bendungan ini akan mengairi lahan pertanian seluas 15.069 hektar, mengurangi debit banjir sebesar 210 meter kubik per detik, serta menyediakan air baku untuk wilayah sekitar.

Baca Juga: Prabowo Subianto Mohon Doa Restu Tokoh-tokoh Masyarakat Sumbar

Selain itu, bendungan ini juga akan difungsikan sebagai pembangkit listrik. Diperkirakan biaya investasinya mencapai 2 triliun rupiah, dengan dana APBN, dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2023.

2. Bendungan Sematok

Bendungan Sematok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, diklaim sebagai bendungan terpanjang di Asia dengan panjang mencapai 3.100 meter.

Pembangunannya hampir mencapai tahap akhir, dengan status konstruksi mencapai 82%. Proyek ini menghabiskan investasi sekitar 2,5 triliun rupiah yang bersumber dari dana APBN dan APBD.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat