bdadinfo.com

Sumatera Barat Selalu Jadi Anak Tiri, Buktinya 20 Km Jatah Proyek Jalan Tol Digeser ke Wilayah Riau - News

pembangunan proyek Jalan tol trans Sumatera atau JTTTS di mana Jalan tol Padang Pekanbaru di Sumatera Barat sepanjang 20 KM jatahnya harus bergeser ke Riau.

 - Kabar terkini terkait pembangunan proyek Jalan tol trans Sumatera atau JTTTS di mana Jalan tol Padang Pekanbaru di Sumatera Barat sepanjang 20 KM jatahnya harus bergeser ke Riau.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Komisaris Utama PT. Hutama Karya, Lukman Edy, menyebut akibat terhambatnya pembangunan Jalan Tol Padang Pekanbaru disisi Sumatera Barat, membuat 20 Km jatah Jalan Tol di Sumatera Barat digeser ke wilayah provinsi Riau.

Adapun titik yang digeser adalah pembangunan Tol Bangkinang Pangkalan Tahap 2 sisi Sumbar (Tanjung Alai - Pangkalan).

Baca Juga: Warga 5 Kecamatan di Jambi Ini Cuan Besar, Sudah Dilewati Jalan Tol Jambi-Rengat Masih Kebagian Rest Area Pula

Bergesernya Jatah pembangunan tol disisi Sumbar akan digunakan untuk pembangunan Jalan Tol Junction Pekanbaru - Bypass Pekanbaru (Pekanbaru Outer Ringroad) yang menghubungkan Kubang Raya - Tol Pekbang - Tol Permai

Yang akan mengelilingi sisi barat wilayah Pekanbaru. Presiden Jokowi pun pada saat Peresmian Tol Pekbang Januari lalu pun sudah menyebut jika Pembangunan Tol Permai dengan Tol Pekbang akan dihubungkan dengan Tol Lingkar Pekanbaru.

Setelah 5 Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat menyatakan dukungan untuk pembangunan jalan tol Padang Pekanbaru bola pembangunan tol Trans Sumatera di kabupaten tersebut kini berpindah ke Pemprov Sumbar.

Baca Juga: Daerah Lain Proyeknya Dihentikan dari PSN, Riau Justru Siap Rampungkan Salah Satu Jalan Tol Terpanjang di JTTS

Dia menyebutkan juga masalah kesepakatan pembangunan jalan tol Padang Pekanbaru di wilayah 50 kota memang sudah selesai maka laporannya harus cepat diselesaikan Pemerintah Kabupaten kepada Pemprov Sumbar.

Setelah itu Gubernur akan menerbitkan panlok penetapan lokasi dan jika penlon jalan tol Padang Pekanbaru yang melewati kabupaten 50 kota sudah ditetapkan oleh Gubernur Sumbar.

Maka selanjutnya tentu akan masuk ke ranah teknis dinas PUPR. Kemudian LMAN (lembaga manajemen aset negara) melakukan kajian dilanjutkan dengan turunnya kjpp kantor jasa penilai publik dan konsultasi publik.

Baca Juga: Daerah Lain Proyeknya Dihentikan dari PSN, Riau Justru Siap Rampungkan Salah Satu Jalan Tol Terpanjang di JTTS

Pada intinya menurutnya, PT Hutama Karya sudah siap membiayai pembangunan tol Padang Pekanbaru yang melewati Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dari sisi selaku owner tak masalah sudah siap dananya yang mengerjakan untuk wilayah 50 kota nantinya termasuk JICA Japan Internasional Cooperation Agency terutama untuk pembangunan terowongan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat