bdadinfo.com

Warga 5 Kecamatan di Jambi Ini Cuan Besar, Sudah Dilewati Jalan Tol Jambi-Rengat Masih Kebagian Rest Area Pula - News

Ilustrasi Jalan Tol Jambi-Rengat yang melewati Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan 5 Kecamatan di Provinsi Jambi (Dok: Media Center Riau)

- Provinsi Jambi saat ini masih berupaya menuntaskan proyek pembangunan infrastruktur di daerahnya.

Meski baru proyek Jalan Bayung Lencir - Tempino seksi 3 (tiga), Provinsi Jambi ke depannya akan menjadi rumah dari jalan utama atau backbone dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Sebagaimana diketahui, mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera akan melintasi Provinsi Jambi dan membelah daerah yang terkenal dengan Sungai Batanghari tersebut.

Baca Juga: Waduh! Jalan Tol Padang-Sicincin Terancam Cuma Jadi Pemanis Kalo Proyek Satu ini Gagal: Apesnya Sumatera Barat

Terdapat 2 (dua) ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang akan melintas di provinsi ini, antara lain Jalan Tol Betung Jambi dan Jalan Tol Jambi Rengat.

Adapun Jalan Tol Bayung Lencir -Tempino yang disinggung di atas adalah salah satu seksi dari ruas Jalan Tol Betung Jambi yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Jambi.

Sedangkan Jalan Tol Jambi Rengat sendiri saat ini masih dalam tahap penyiapan proyek dan belum dimulai tahap konstruksinya.

Baca Juga: Daerah Lain Proyeknya Dihentikan dari PSN, Riau Justru Siap Rampungkan Salah Satu Jalan Tol Terpanjang di JTTS

Jalan Tol Jambi Rengat sendiri nantinya akan menjadi jalan penghubung antara Jambi dan Provinsi Riau.

Jalan Tol Jambi Rengat tersebut direncanakan akan memiliki panjang 190 km. Jalan tol tersebut dibangun pada dua 2 (dua) wilayah pembangunan, yaitu Provinsi Jambi dan Riau.

Meski demikian, porsi pembangunan Jalan Tol Jambi Rengat akan jauh lebih banyak dilakukan di wilayah Jambi.

Baca Juga: Riau Memang Beda! Daerah Lain Proyeknya Dicoret dari PSN, Tol Jambi-Rengat Tetap Jalan: 2 Tahun Rampung

Kurang lebih hampir 116 km diantaranya akan dibangun di Bumi Melayu Jambi. Angka tersebut sudah melebihi 50 persen dari panjang total rangkaian proyek JTTS tersebut.

Sedari 116 km pembangunan yang direncanakan di Provinsi Jambi, sebanyak 79 km diantaranya akan berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat