bdadinfo.com

Usai Dicoret Jokowi dari PSN, Bagaimana Nasib JTTS saat Ganti Presiden di Tahun 2024 Nanti? - News

Presiden Jokowi saat menonton Timnas Indonesia di SUGBK. Sejumlah proyek pembangunan jalan tol yang menjadi rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dihentikan Presiden Jokowi dari PSN, bagaimana nasib JTTS ditangan presiden yang baru? (Instagram: @Jokowi)

- Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di awal bulan Oktober 2023 ini secara mengejutkan mengumumkan penghentian sejumlah proyek.

Beberapa proyek yang sebelumnya tergabung pada proyek strategis nasional (PSN) dihentikan atau dikeluarkan oleh Presiden Jokowi.

Beberapa diantaranya adalah proyek pembangunan jalan tol yang termasuk rangkaian dari Jalan tol Trans Sumatera (JTTS).

Baca Juga: Sultan mah Bebas! Begini Rupa Jalan yang panjangnya Hampir 200 Km di Jambi, Dibangun Khusus sama Bos Batu Bara

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyebutkan, bahwa terdapat lima proyek bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang dihentikan.

Kelima proyek rangkaian dari Jalan Tol Trans Sumatera beserta sejumlah proyek lainnya dihentikan dari proyek strategis nasional dikarenakan beberapa alasan.

Salah satunya adalah belum dimulainya pembangunan dari proyek tersebut serta belum dikeluarkannya APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Baca Juga: Warga 5 Kecamatan di Jambi Ini Cuan Besar, Sudah Dilewati Jalan Tol Jambi-Rengat Masih Kebagian Rest Area Pula

Selain itu, antara offtaker dan finansial yang belum closing juga menjadi alasan lain proyek-proyek tersebut dihentikan dari proyek strategis nasional.

Berikut 5 (lima) proyek yang juga merupakan rangkaian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang dikeluarkan dari proyek strategis nasional.

  1. Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe

Berada di wilayah pembangunan Aceh, Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe tersebut memiliki panjang total 135 km.

Baca Juga: Warga Kabupaten di Jambi ini Siap-Siap Jadi Sultan, 79 Km Ruas Utama JTTS Lewati Daerahnya: Tahun 2025 Rampung

Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe mulanya direncanakan tahap pembangunannya pada 2018 dan ditargetkan beroperasi pada 2023.

Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe ini mendapat nilai investasi total sekira Rp21,765 triliun. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat