bdadinfo.com

Wow! Konstruksi Jalan Tol di Sumatera Selatan Ternyata Gunakan Teknologi Canggih yang Sudah Diakui 5 Profesor - News

Jalan Tol Palembang-Indralaya di Sumatera Selatan yang dalam pembangunannya menggunakan teknologi canggih yang telah divalidasi oleh 5 profesor (Dok: Lembaga Manajemen Aset Negara)

- Provinsi Sumatera Selatan saat ini menjadi salah satu daerah di Pulau Sumatera yang terus mendorong penyelesaian pembangunan infrastruktur.

Adapun pembangunan infrastruktur yang dimaksud adalah terkait mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang melintas di Provinsi Sumatera Selatan.

Sumatera Selatan sendiri bahkan menjadi salah satu wilayah yang dilewati jalan utama atau backbone Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: Banyak Gunakan Teknologi Canggih, Jalan Tol Trans Sumatera Dijadikan Proyek Percontohan di Indonesia: Bangga!

Pemerintah sendiri dan pihak pengembang direncanakan akan menggunakan sejumlah teknologi yang canggih dalam upaya merampungkan proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Menariknya, salah satu teknologi canggih tersebut pernah digunakan untuk pembangunan satu proyek jalan tol di Sumatera Selatan.

Lantas apa yang menarik dari penggunaan teknologi tersebut untuk percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera?

Baca Juga: Pembebasan Lahan Tak Kunjung Rampung! Target Lebaran 2024 Terancam Molor, Tol Padang Sicincin Nasibmu Kini

Sumatera Selatan diketahui menjadi salah satu daerah yang paling awal menggunakan teknologi ini dalam pembangunan di daerahnya.

Lebih tepatnya, teknologi yang digunakan untuk menuntaskan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera pernah diimplementasikan untuk konstruksi Jalan Tol Palembang Indralaya.

Adapun teknologi yang dimaksud adalah Vacuum Consolidation Method atau yang lebih akrab dikenal sebagai VCM.

Baca Juga: Sangar! Ternyata Underpass di Tol Padang Sicincin Panjangnya Hampir 100 Meter, Jumlahnya Malah sampai Ada 14

Teknologi VCM ini merupakan salah satu teknologi baru yang canggih dan telah diakui atau divalidasi oleh 5 (lima) profesor dalam bidang teknik sipil.

Jalan Tol Palembang Indralaya pun berkesempatan menjadi salah satu proyek pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi yang telah diakui lima profesor tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat