bdadinfo.com

Keren! Lagi Dibangun Jembatan Musi Lima Penghubung Palembang – Jambi, Jadi Terpanjang di Indonesia - News

Ilustrasi Jembatan. (PEXELS)

Pembangunan jalan tol trans Sumatera atau JTTS terus berlanjut. Proyek di era Presiden Jokowi untuk mengejar ketertinggalan infrastruktur dari Pulau Jawa.

Saat ini sedang ada pembangunan jembatan tol terpanjang di Indonesia yang mencapai 1,7 km. Jembatan tersebut terletak di ruas JTTS Kayu Agung Palembang Betung di Sumatera Selatan.

Seperti dikutip dari YouTube @INFRASTRUKTUR INDONESIA, Rabu, 25 Oktober 2023 yang membahas terkait pembangunan jembatan yang akan menghubungkan Kota Palembang dengan Kota Palembang-Jambi tersebut.

Baca Juga: Tok! Resmi Daftar Capres dan Cawapres ke KPU, Prabowo Subianto Minta Mandat dari Rakyat Indonesia

Adapun jembatan tol melintas di atas Sungai Musi yang diberi nama jembatan Musi lima yang ditargetkan rampung tahun 2024.

Jembatan Musi Lima disebut-sebut bisa mempersingkat waktu tempuh dari Palembang menuju Jambi. selain itu, pembangunan jembatan ini menggunakan metode Balance Cantilever.

Penggunaan metode Balance ctilever untuk memberikan kemudahan lalu lintas kapal di bawahnya.

Baca Juga: Kisah Masa Kecil Anies Baswedan Sebagai Juru Ketik, Beberapa Tokoh Ini Dekat Dengannya

Dengan infrastruktur jalan tol ini tidak memerlukan penahan maupun sokongan di bagian bawah jembatan.  Selain itu, metode ini juga dipastikan tidak mengganggu aktivitas kapal yang melewati sungai Musi.

Metode pembangunan jembatan Musi Lima ini sudah diterapkan dan mencapai 99 persen Pembangunan, ditambah menggunakan produk lokal asli Indonesia.

Jembatan Musi Lima i ini adalah salah satu proyek yang dibuat dalam pembangunan jalan tol Kayu Agung Palembang Betung.

Baca Juga: Terima Kunjungan Dubes Palestina, Muhaimin Iskandar Ingin Konflik Hamas dan Israel Dihentikan

Adapun sampai bulan Juli 2023 konstruksi pembangunan jalan tol Kayu Agung Palembang Betung sudah ada di tahap 2 dengan progres mencapai 58,9 persen.

Tol Kayu Agung-Palembang sendiri memeiliki total panjang 11,7 km dengan anggaran mencapai 2,16 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat