bdadinfo.com

Target Rampung Agustus 2023, Begini Update Terbaru Jembatan Musi V, Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia - News

Target Rampung Agustus 2023, Begini Update Terbaru Jembatan Musi V, Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia (Youtube Rakyat biasa)

- Pembangunan Jembatan Musi V, salah satu bagian dari proyek Tol Trans Sumatera dikabarkan akan selesai pada Agustus 2023.

Jembatan Musi dibangun untuk menghubungkan Tol Kapal Betung dan Jalan Lintas Timur.

Setelah beroperasi, Jembatan Musi V bakal yang berada di atas aliran sungai Ogan memiliki total panjang 1,6 km.
Nantinya Jembatan Musi V akan menjadi jembatan tol terpanjang di Indonesia.

Baca Juga: 4 Destinasi Wisata Cantik di Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel, Gak Kalah Sama Palembang loh!

Menariknya, pembangunan jembatan diketahui menggunakan 99% produk lokal asli Indonesia dan di bawah kinerja PT Waskita Sriwijaya.

Sebagian konstruksi jembatan memang sudah menyambung sejak 2020, namun baru pada Agustus 2023 ini, jembatan ditargetkan akan rampung.

Sampai saat ini pembangunan Jembatan Musi 5 masih dalam proses pengerjaan hingga kurang lebih 85%. Pengerjaan Jembatan Musi 5 ini menyisakan bagian tengah sekitar 500 hingga 600 meter.

Baca Juga: Membelah Sungai Musi, Jembatan Tol Kapal Betung Dibangun dengan Cara Khusus: Luar Biasa Canggih!

Bentang Tengah jembatan ini akan dibangun dengan metode konstruksi yang akan memanfaatkan efek kantilever sehingga struktur jembatan dapat berdiri dan tersambung tanpa bantuan sokongan dari bawah sungai.

Metode ini dipilih mengingat aktivitas di bawah Sungai Musi terbilang sangat padat sehingga metode yang dipakai tidak mengganggu aktivitas di permukaan Sungai Musi.

Tol Kapal Betung sendiri merupakan bagian dari proyek jalan tol Trans Sumatera yang bernilai investasi Rp22,16 triliun.

Jika sesuai target, ruas tol ini beroperasi penuh pada Agustus tahun 2023 ini. Jalan tol ini akan melintasi 4 daerah di Sumatera Selatan, yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Banyuasin, dan Kota Palembang.

Tol kapal Betung dikembangkan oleh PT Waskita Sriwijaya dalam 3 seksi.
Seksi satu mulai dari Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km telah beroperasi secara penuh. Seksi dua dari Jakabaring-Keramasan 9 km juga telah beroperasi.

Sisanya seksi tiga dari Musi Landas-Betung sepanjang 44,29 km masih tahap konstruksi.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat