bdadinfo.com

Komitmen Kuat Capres Ganjar Pranowo Untuk Mendukung Palestina, Pengamat : Beliau Paling Tegas! - News

Komitmen Kuat Capres Ganjar Pranowo Untuk Mendukung Palestina, Pengamat : Beliau Paling Tegas/ Instagram


- Ganjar Pranowo, sebelum terpilih sebagai Capres oleh Partai PDIP, pria yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah pernah membuat pernyataan tentang Palestina.

Ya, ungkapan tersebut dilakukan tatkala Indonesia sedang mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 di Indonesia mulai dari tanggal 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Beberapa hari sebelum penyelenggara tersebut dimulai, Ganjar Pranowo sempat membuat pernyataan yang mengejutkan publik dan memberi kesan seperti "Bak Pedang Bermata Dua"

Baca Juga: Untung Besar! 2 Kabupaten di Sumbar Ini Rebutan Jadi Sirip Tol Riau, Jambi Juga Ikut 'Kecipratan'?

Beliau mengaku tidak sudi dengan kehadiran Timnas Israel pada saat itu sebagai peserta di Piala Dunia U-20, dengan alasan Indonesia tetap setia memberikan dukungan kepada Palestina.

Meskipun ajang ini merupakan dalam konteks Olahraga, rupanya Perang Israel - Palestina memberikan dampak yang begitu besar terhadap event yang diadakan di Indonesia.

Ganjar tidak sendirian, begitu juga dengan I Wayan Koster, menjabat sebagai Gubernur Bali sama-sama memberikan penolakan keras akan kehadiran Timnas Israel di Jakarta.

Baca Juga: Kantor Presiden Digarap Paling Cepat, Begini Progres Pembangunan IKN, Capai 53 Persen!

Tentu saja baik Ganjar dan Wayan, merupakan 2 anggota kader dari PDIP yang juga memberikan dukungan akan penolakan Timnas Israel yang akan main di Piala Dunia U-20.

Bahkan saat itu, Ganjar telah menegaskan dirinya tetap memegang teguh terhadap amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina.

“Kita mengikuti komitmen dari Soekarno tentang Palestina, yang pernah disuarakan di Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok dan Conference of the New Emerging Forces, sehingga kita mengikuti apa yang diamanatkan," ujar Ganjar, sebagaimana dikutip dari ungkapan yang disampaikan pada Jumat, 24 Maret 2023.

"Karena hal tersebut, penting dalam memberikan dukungan kepada Palestina agar bisa merdeka," tambahnya.

Baca Juga: Ujian Seleksi Kompetensi Dasar Telah Dibuka, Inilah Cara Mencetak Kartu Ujian SKD dan Jadwalnya

Ungkapan tersebut seolah-olah menjadi dorongan kuat, hingga pada saat Aksi damai bela Palestina digelar di Monas, Jakarta Pusat pada Minggu 5 November 2023, meskipun Ganjar tidak hadir pada saat itu.

Namun sebagai Capres dari Koalisi PDIP, beliau akan tetap bersikap tegas memberikan dukungan kuat untuk membuat Palestina merdeka dari serangan Israel yang terjadi baru-baru ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat