bdadinfo.com

Mega Proyek Bendungan di Jawa Barat Rampung dalam 7 Tahun, Habiskan Biaya Rp2 Triliun Demi Sektor Ini  - News

Mega Proyek Bendungan di Jawa Barat Rampung dalam 7 Tahun, Habiskan Biaya Rp2 Triliun Demi Sektor Ini  (pu.go.id)

Mega proyek Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat akhirnya rampung setelah 7 tahun pembangunannya dan menghabiskan biaya mencapai Rp2 triliun.

Bendungan dengan kapasitas mencapai 250,81 juta m3 ini siap diresmikan guna dimanfaatkan sebagai tampungan air mendukung irigasi pertanian dan sumber air baku.

Terutama untuk yang berada di kawasan segitiga Cirebon – Patimban - Kertajati (Rebana) di Kabupaten Indramayu dan Sumedang.

Baca Juga: Banyak Ruas JTTS Dicoret dari PSN, Proyek Jalan Tol di Riau Ini Justru Jadi Prioritas Pemerintah Pusat

Pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilanjutkan demi komitmen pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan.

Pembangunan Bendungan Cipanas dikerjakan selama 7 tahun yakni mulai dari tahun 2016-2023.

Dengan kontraktor pelaksana dari PT. Wijaya Karya - PT. Jaya Konstruksi (KSO) yang fokus pada pembangunan tubuh bendungan.

Baca Juga: Resmi Dibuka Hari Ini! Berikut Fakta-Fakta Menarik Mengenai Ruas Jalan Tol Terbaru di Sumatera Utara

Juga bekerjasama dengan  PT. Brantas Abipraya (Persero) untuk pembangunan infrastruktur pendukung. Secara keseluruhan.

Biaya pembangunan Bendungan Cipanas yang digelontorkan pun tak main-main mencapai Rp2,03 triliun dan bersumber dari APBN.

Meskipun biaya yang digelontorkan untuk membangun bendungan dan jaringan irigasinya tidak sedikit namun dapat dipastikan pekerjaannya telah diselesaikan dengan baik.

Baca Juga: Siap-siap Semarang Yogyakarta 1,5 Jam! Tol Yogyakarta – Bawen Ditargetkan Segera Rampung, Awal 2024?

Rampungnya bendungan ini juga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh petani karena berfungsi juga untuk mengairi sawah-sawah.

Bendungan ini lebih besar 10 kali lipat jika dibandingkan dengan Bendungan Kuningan sehingga diproyeksikan mampu menambah suplai air irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektare.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat