bdadinfo.com

Waduh! Kawasan Metropolitan Perkotaan di Jawa Barat Gadang-Gadang akan Dilengkapi Kereta Api, Apa Iya? - News

Kawasan Metropolitan Rebana akan dilengkapi dengan Kereta Api (Pixabay)

- Kawasan Metropolitan Cirebon Raya saat ini juga disebut sebagai Kawasan Metropolitan Rebana.

Adanya kawasan metropolitan rebana merupakan sebuah wilayah metropolitan yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia dan dirancang oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat sebagaimana dikutip dari p2k.stekom.ac.id.

Diketahui Kawasan Metropolitan Rebana telah diresmikan berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2021 terkait Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

Baca Juga: Task 2-3: Match Words with the Correct Meanings and Answer Questions, Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 12 Halaman 101

Kawasan metropolitan rebana ini akan dilengkapi dengan sarana transportasi umum perkeretaapian yaitu Kereta Api (KA) atau lintas raya terpadu.

Kereta Api atau lintas raya terpadu yang akan dikerjakan reaktivasi rute rancai ke arah Kertajati, agar kedua wilayah bisa terhubung.

Sedangkan Light Rail Transit (LRT) yang direncanakan akan dibangun untuk rute Cirebon Raya-Kertajati sebagai sarana konektivitas wilayah aglomerasi perkotaan Cirebon Raya.

Baca Juga: Investasi KCJB hingga Rp110 triliun Indonesia Lebih Pilih China Dibanding Jepang, Kenapa?

Dengan adanya rebana metropolitan itu sendiri adalah salah satu kawasan pengembangan baru berbasis perkotaan inti di Cirebon dengan Patimban.

Cirebon dengan Patimban sebagai jalur akses pelabuhan utama dan Kertajati untuk akses udaranya tersebut sebagaimana dikutip dari YouTube @Top Konstruksi.

Adapun bagian wilayah Utara atau Timur laut provinsi Jawa Barat terdiri dari tujuh daerah diantaranya Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, Kota Cirebon dan Kuningan.

Baca Juga: Mobil Tertua! Lorraine Dietrich 1908 Pabrikan Asal Prancis yang Masih Ada di Indonesia

Selain itu pengembangan tersebut memiliki tujuan yakni agar terwujudnya kawasan rebana sebagai pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat.

Wilayah Jawa Barat bagian Timur Utara yang berbasis pengembangan investasi telah terintegrasi, kolaboratif, bersaing tinggi maupun berkelanjutan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat