bdadinfo.com

Pangkas Setengah Waktu Tempuh, Jalan Tol Yogyakarta – Bawen Seksi 1 Selesai Awal Tahun 2024 - News

Ilustrasi. Tol Yogyakarta - Bawen selesai 2024 (PIXABAY)

- Jalan tol YogyakartaBawen merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang direncanakan oleh pemerintah untuk membantu meningkatkan pertumbuhan pembangunan daerah.

Sebagai salah satu program PSN, pembangunan jalan tol Yogyakarta – Bawen diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas yang ada di jalan arteri.

Selain itu, pembangunan PSN jalan tol Yogyakarta – Bawen juga diharapkan dapat mendukung kawasan industri di sekitaran Ungaran – Bawen dan dapat meningkatkan pengembangan di kawasan pariwisata Joglosemar (Jogja Solo Semarang).

Baca Juga: Hasil Survei IPO: Prabowo - Gibran Tetap Paling Teratas, Anies - Muhaimin Secara Mengejutkan Susul Ganjar - Mahfud MD!

Pembangunan PSN jalan tol Yogyakarta – Bawen ini dapat sebagai jalan penghubung antara ibu kota Jawa Tengah, Semarang dan salah satu kota terbesar di Jawa Tengah, Solo.

Rencananya, jalan tol Yogyakarta – Bawen akan memiliki total panjang 75,12 KM yang nantinya akan dibagi menjadi 6 seksi.

Seksi 1 menghubungkan Yogyakarta – Banyurejo dengan panjang jalan 8,8 KM, Seksi 2 menghubungkan Banyurejo – Borobudur dengan panjang jalan 15,2 KM.

Baca Juga: Targetkan Beroperasi Pada Semester 1 Tahun 2024, Bendungan Lau Simeme Siap Kurangi Daerah Banjir Sumatera Utara

Seksi 3 penghubung Borobudur – Magelang dengan panjang 8,1 KM, seksi 4 menghubungkan Magelang – Temanggung dengan panjang 16,6 KM.

Selanjutnya, seksi 5 menghubungkan Temanggung – Ambarawa sepanjang 21,2 KM dan terakhir seksi 6 menghubungkan antara Ambarawa – Bawen dengan panjang jalan 5,12 KM.

Saat ini, progress pembangunan PSN jalan tol Yogyakarta – Bawen sudah dalam tahap penyelesaian konstruksi pada seksi 1 Yogyakarta (Sleman) – Banyurejo.

Baca Juga: Baru Diresmikan! Wisata Terbaru di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat: Yakin Gak Liburan Kesini?

Pembangunan jalan tol Yogyakarta – Bawen seksi 1 dengan panjang 8,8 KM tersebut sudah mencapai 59,93%.

Dengan progres yang sudah setengah jalan tersebut, jalan tol seksi 1 Yogyakarta – Banyurejo ditargetkan akan selesai pada Kuartal 1, awal tahun 2024 mendatang.

Jika proyek PSN jalan tol Yogyakarta – Bawen sudah selesai sepenuhnya dan sudah mulai beroperasi, maka dapat memangkas setengah waktu perjalanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat