bdadinfo.com

Menteri PUPR Desak Dukungan Pemerintah Daerah Demi Kecepatan Konstruksi Tol Padang-Sicincin, Progres Terkini Sudah 47 Persen: Kelar Masih Lama? - News

Menteri PUPR Desak Dukungan Pemerintah Daerah Demi Kecepatan Konstruksi Tol Padang-Sicincin, Progres Terkini Sudah 47 Persen: Kelar Masih Lama? (bpjt.pu.go.id)

Dalam kunjungan kerja yang dilakukan pada Kamis, 11 Januari 2024 kemarin, Menteri PUPR desak Pemerintah Daerah demi kecepatan konstruksi tol yang melewati Sumatera Barat (Sumbar).

Hal ini mengingat untuk progres konstruksi fisik tol Padang-Pekanbaru yang sudah sampai 47 persen dan ditargetkan untuk selesai tahun 2024 ini.

Pemerintah memang tengah menggesa pengerjaan jalan tol Trans Sumatera (JTTS) di tahun 2024.

Baca Juga: Kejar Target! Pembangunan Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Kementerian PUPR Selesai dan Fungsional 2024 Bulan Segini

Salah satunya termasuk Jalan Tol Pekanbaru-Padang, Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km yang akan menghubungkan provinsi Sumbar dan Riau.

Saat ini progres konstruksi Jalan Tol Pekanbaru – Padang, Seksi 1 Padang - Sicincin hampir rampung dan telah mencapai 47,22 persen.

Sementara itu untuk progres pembebasan lahannya sudah mencapai 92,6 persen.

Baca Juga: Waduh! Jalan Tol Padang-Sicincin Molor Lagi Rampungnya, Baru Tuntas Bulan Segini: Benarkah Idulfitri Tahun Ini Gagal Fungsional? 

Dengan demikian, maka jalan tol tersebut ditargetkan untuk bisa selesai dalam waktu dekat yakni pada Juli 2024.

“Ditargetkan, Jalan Tol Pekanbaru – Padang, Seksi 1 Padang – Sicincin dapat selesai dan fungsional pada Juli 2024 sehingga dapat mendukung jalur logistik dan jalur pariwisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian di provinsi Sumatera Barat dan Riau,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian.

Pada tahap awal, jalan tol Padang-Sicincin akan terbagi menjadi 2x2 lajur.

Baca Juga: Sumbar Lagi-Lagi Keok dari Riau, Volume Kendaraan yang Melintasi Ruas Tol Ini Masih Kalah Telak Dibanding yang Lewat Tol Riau Ini Saat Nataru

Kemudian di Seksi 1 dari tol Padang-Pekanbaru ini juga akan memiliki 3 Gerbang Tol (GT) yakni di lokasi  STA 1+800, STA 19+000 dan STA 35+800.

Selain itu, seksi ini juga akan memiliki 1 pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/Rest Area) Tipe A yang berada di STA 23+000.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat